Program Kang Pisman Dapat Dukungan dari Menkominfo RI



Bandung,Beritainspiratif.com - Program Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) yang digulirkan Pemerintah Kota Bandung menarik perhatian Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) Rudiantara. Ia optimis, Kang Pisman dapat menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Bandung.

“Jika warga Kota Bandung mendukungnya, saya yakin maju (Kang Pisman),” kata Rudiantara di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Sabtu (14/9/2019).

Menurutnya, program Kang Pisman bisa membuka peluang adanya pemanfaatan teknologi untuk pengangkutan sampah di Kota Bandung.

“Bagaimana mengelola sampah, yang biasanya mobil secara regular datang ke tempat penampungan sampah. Nah sekarang bisa ‘base on request’. Itu gampang tinggal bikin aplikasinya, sehingga bisa lebih efisien,” ujarnya. 

Lebih lanjut Rudiantara mengatakan, dengan menggunakan aplikasi mobil atau truk yang mengangkut sampah tidak perlu keliling sesuai jalur, tetapi sesuai pesanan sampah yang banyak bisa didahulukan. Sampah yang sedikit bisa diangkut belakangan. 

“Kalau sesuai jalur, belum tentu tempat pembuangannya sedikit atau banyak. Kita buat aplikasi sehingga bisa kordinasi mana sampah yang diangkut dahulu. Kita buat cara waktu yang efisien. Jadi jalan prioritas yang sampahnya banyak itu harus di awal, yang sedikit belakangan,” jelasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta dukungan pemerintah pusat terkait gerakan Kang Pisman. 

“Jadi gerakan yang memilah dan memilih sampah mulai dari sumbernya. Ya kita harap dukungan dari pak menteri mengenai gerakan ini,”ucap Oded. (Mugni)

Berita Terkait