Program Jabar Digital Service Dorong Kota dan Kabupaten Berbagi Layanan

Cirebon, Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) Kota dan Kabupaten untuk berbagi layanan melalui program Jabar Digital Service (JDS).

Hal itu diungkapkan Andy Garna, Tenaga Ahli Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat saat berkunjung ke Command Center Mini Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Jumat (7/2/2020).

Andy mengatakan ada banyak program yang dijalankan Pemprov Jabar melalui Diskominfo, salah satunya program JDS untuk mengintegrasikan Command Center yang dimiliki Pemda Kota dan Kabupaten di Jabar.

“Jika command center seluruh Pemda terintegrasi maka akan memudahkan penanganan masalah, seperti penanganan masalah bencana alam,” katanya.

Andy mengungkapkan untuk pembangunan command center Pemprov Jabar telah menggelontorkan dana sebesar Rp5 miliar untuk masing-masing kota dan kabupaten yang telah masuk skala prioritas.

“Dalam hal ini kami membantu Pemda agar membelanjakan dana bantuan sesuai peruntukannya dan tepat guna,” ujarnya.

Andy menambahkan pada 2019 lalu bantuan provinsi (Banprov) telah digelontorkan untuk Kabupaten Cirebon dan Indramayu, dan tahun ini ada 9 daerah di Jabar yang menerima bantuan.

“Kota Cirebon sudah lebih dulu membangun command center di luar Banprov, maka dari itu kami jadikan percontohan (roadmap),” tambahnya.

Pada saat yang sama, Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’aruf Nuryasa AP menyambut baik adanya program sinergitas dan kolaborasi dengan Diskominfo Jabar.

“Tentu ini akan sangat bagus untuk pengembangan program smart city dan command center agar selaras dengan Pemprov Jabar,” tambahnya. []

Yones

Bagikan: