Program Buruan Sae Akan Diterapkan di 15 Kelurahan Prioritas Lokus Stunting

Bandung, Beritainspiratif.com – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung mengusung program Buruan Sae (Sehat, Alami, dan Ekonomis) untuk diterapkan di 15 kelurahan sebagai lokus (lokasi khusus) stunting di Kota Bandung.

Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan, sejauh ini pihaknya baru melakukan pemetaan untuk penerapan program tersebut. Rencananya, Buruan Sae di 15 kelurahan lokus stunting akan dimulai pada awal Oktober 2020.

“Tapi sekarang sudah melakukan pendampingan atau pelatihan karena nanti yang akan mengoperasikan komunitas setempat. Kita sekarang sedang melakukan pelatihan, sosialisasi, pendampingan, terhadap komunitas yang ada di 15 kelurahan itu,” ujarnya di Sekemala Integrated Farming Kecamatan Ujung Berung  Kota Bandung, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga:Santri-positif-covid-19-wagub-jabar-hentikan-kbm-di-ponpes-husnul-khotimah-kuningan

Menurut Gin Gin, setelah pelatihan tersebut selesai, pihaknya akan menyiapkan lahan serta memulai budidaya tumbuhan ataupun ikan di Buruan Sae.

Adapun pelatihan yang diberikan mulai dari pengolahan lahan hingga pemanfaatan hasil dari budidaya yang dilakukan.

“Pelatihan kita punya tenaga penyuluh, dimulai bagaimana cara mengolah lahan, bagaimana untuk menyiapkan benih dan bibit, bagaimana nanti cara menanam, kemudian nanti memproduksi, sampai nanti memanfaatkan hasilnya. Semua kita berikan dan yang pasti kita lakukan pendampingan terus,” jelasnya.

Gin Gin mengatakan, sejauh ini terdapat 22 Buruan Sae di Kota Bandung yang mengusung konsep integrated farming atau pertanian terpadu.

“Sebetulnya di setiap kelurahan sekarang sudah ada keterwakilan Buruan Sae, tapi memang belum intens. Karena sebelum ini (buruan sae), konsepnya adalah urban farming, masyarakat menanam sayuran. Nah sekarang kita kombinasikan selain sayuran ya kita juga  terpenuhi dengan pangan lainnya, ada ternaknya, ikannya, itu yang akan kita kembangkan. Salah satunya di Kelurahan Cigiringsing, termasuk di kantor Kecamatan Ujungberung,”ungkapnya.

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Bandung sebelumnya telah menetapkan sebanyak 15 Kelurahan sebagai prioritas lokus stunting di Kota Bandung pada 2020.

15 Kelurahan tersebut adalah Kelurahan Cirangrang, Margasuka, Cikawao, Sukawarna, Jamika, Karasak, Kebon Gedang, Palasari, Cipadung, Babakan Penghulu, Pasirjati, Babakan Asih, Cipadung Wetan, Cibaduyut Kidul, dan Burangrang.

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

(Mugni)

Bagikan: