Prof. Amany Lubis Raih Rekor MURI Perempuan Pertama Rektor UIN Jakarta

Beritainspiratif.com – Prof. Dr. Amany  Burhanuddin Umar Lubis, MA adalah Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang menggantikan rektor sebelumnya, Prof. Dr. H. Dede Rosyada, MA. yang telah menjabat sejak 2015.

Prof. Amany Lubis dilantik bersama dengan dua orang lainnya, yaitu Dr. H. Sumanta, M. Ag sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syek Nur Jati Cirebon, dan Dr Inayatillah, S.Ag, M.Ag sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tegku Dirundeng Meulaboh. Pelantikan ketiganya tercantum dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor : B.II/3/00429, B.II/3/00430, dan B.II/3/00431, yang dilansir laman resmi UIN Jakarta.

Video Youtube UIN Jakarta

Pelantikan Prof. Amany menjadikan satu-satunya perempuan yang menjadi menjabat sebagai rektor UIN Jakarta. Ia pun  menerima penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai Rektor Perempuan Pertama UIN di Indonesia.

Pemberian penghargaan disampaikan pendiri Muri Jaya Suprana dalam acara Seminar Nasional Perempuan dan Pendidikan bertajuk Dengan Semangat Hari Ibu Kita Tingkatkan Prestasi Perempuan di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta.

“Alhamdulillah. Saya bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan ini. Momen Hari Ibu pada 22 Desember memiliki makna tersendiri bagi saya karena bertepatan dengan hari ulang tahun saya,” jelas Amany Lubis pada Jumat, 20 Desember 2019 lalu.

Dalam acara tersebut juga dilakukan peluncuran dan bedah buku autobiografi Amany.

Amany mengaku lega telah menyelesaikan autobiografinya yang terbengkalai selama tiga tahun. Ia menambahkan, capaian yang ia raih merupakan bantuan banyak pihak. 

“Saya berutang budi pada ibu saya, rekan almamater UIN, dan organisasi masyarakat yang saya ikuti, rekan, guru, teman, dan keluarga. Semoga Allah akan membalas,” ucapnya.

Yanis

Bagikan: