Pria Asal Cirebon Terima Penghargaan dari PNRI

Cirebon, Beritainspiratif.com – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)
memberikan penghargaan kepada Warkina, pria asal desa Suranenggala Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon atas dedikasinya menyuarakan gerakan sadar baca di seluruh Kabupaten Cirebon.

Warkina menerima penghargaan Nugraha Jasadrma Pitaloka dari PNRI pada Jumat (7/9/18) di Jakarta. Warkina menjadi Inisiator gerakan sadar baca ” pado maco” di desa tersebut.

Warkina berterima kasih kepada PNRI atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Penghargaan ini menurutnya merupakan cambuk untuk bisa lebih semangat lagi membangkitkan minat baca di Kabupaten Cirebon.

” Alhamdulillah PNRI memberikan perhatian dengan memberikan penghargaan kepada gerakan Pado Maco. Penghargaan akan jadi semangat kami terus bergerak menyuarakan gerakan sadar literasi,” kata Warkina di kediamannya, Senin (10/9).

Menurutnya, budaya membaca harus di mulai sejak usia dini, kebiasaan membaca akan terus di lakukan hingga dewasa nanti karena dengan membaca, akan mendapatkan ilmu, mengurangi kebodohan dan mengurangi kemiskinan.

” Dengan membaca kebodohan dan kemiskinan bisa di lawan. Gemar membaca harus di budayakan sejak dini. Jangan sampai tidak karena akan merusak masa depannya,” tambah dia.

Warkina mengakui pemerintah daerah sendiri belum memberikan perhatian khusus kepada kegiatannya ini. Mudah – mudahan dengan penghargaan yang sudah di dapat akan menggerakkan hati pemda Kabupaten Cirebon untuk memberikan perhatian lebih.

Yones

Bagikan: