Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2018



Jakarta, Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin, 1 Oktober 2018.

Tiba di halaman Monumen Pancasila Sakti pukul 07.45 WIB, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan langsung menuju ruang tunggu utama. Di ruang tunggu utama telah hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tak lama setelah itu, Presiden dan Wapres berjalan menuju tempat upacara dengan berjalan kaki dan Presiden langsung menuju mimbar upacara. Sementara itu di lapangan upacara telah tampak berbaris rapi pasukan upacara dari berbagai unsur TNI, Polri, dan pelajar.

Bertindak selaku komandan upacara adalh Kombes Pol Mohammad Anwar Nasir. Sementara perwira upacara adalah Kepala Garnisun Tetap I/Jakarta Brigjen TNI Herianto Syahputra.

Dalam upacara ini, naskah Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Sementara itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo membacakan dan menandatangani naskah Ikrar dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

Sebelum meninggalkan tempat upacara, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Wapres dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi rumah penyiksaan dan sumur lubang buaya. Setelah itu, beramah tamah dengan Keluarga Pahlawan Revolusi dan mendengarkan persembahan lagu-lagu perjuangan oleh aubade.      (Yones)

 

Berita Terkait