Presiden Jokowi Disambut Bentangan Kain Jumputan Terpanjang di Dunia Catatkan Rekor MURI

Palembang, Beritainspiratif.com – Dalam rangkaian Milenial Road Safety Festival, di Palembang, kain Jumputan terpanjang di dunia dengan ukuran 1.117 Meter dibentangkan di atas Jembatan Ampera, menyambut kehadiran Presiden Jokowi, pada Sabtu (9/3/2019). Kain Jumputan terpanjang tersebut dikerjakan oleh 30-40 pengrajin yang bekerja selama 24 jam penuh selama 10 hari.

Kain jumputan dengan panjang 1.117 meter tersebut memiliki lebar 110 cm, terdiri dari 500 motif kain warna warni khas Kota Pempek dibentangkan di atas Jembatan Ampera mulai dari seberang hilir hingga hulu, dan dipegang oleh 600 peserta dari unsur TNI-POLRI dan pelajar, lansir laman MURI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Jokowi serta puluhan ribu generasi milenial di lapangan parkir Pasar 16.

Jokowi yang melintas di atas Jembatan Ampera saat pembentangan kain khas sesekali melempar senyuman. Jokowi langsung turun untuk membuka acara MRSF setelelah mengajak masyarakat berfoto.

Selain Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wali Kota Palembang Harnojoyo.

“Bangga karena ini menjadi kain khas di Palembang. Ada kearifan lokal di acara yang dihadiri Presiden,” terang Ketua Tim perancang kain Jumputan, Hermansyah, Sabtu (9/3/2019).

Sebagai salah satu perajin Jumputan, Hermansyah mengaku membutuhkan waktu cukup lama bersama perajin lain untuk merancang dan merajut kain Jumputan. Termasuk mempersiapkan sebelum dibentangkan saat presiden melintas.

“Persiapan cukup lama, memang kami cari moment dibentangkan saat presiden melintasi Jembatan Ampera dari Jakabaring,” tuturnya.

Bentangan Kain Jumputan Terpanjang tersebut dicatat dalam Rekor MURI nomor 8879, dengan Rekoris Irjen Pol. Drs. Zulkarnain Adinegara (Kapolda Sumatra Selatan), H. Herman Deru, S.H., M.M. (Gubernur Provinsi Sumatra Selatan) dan Kombes Pol. Dwie Asmoro (Dirlantas Polda Sumatra Selatan)

(Yanis)

Bagikan: