Presiden Joko Widodo Lepas Ekspor Perdana Isuzu Traga ke Filipina

Karawang, Beritainspiratif.com – Indonesia menargetkan ekspor kendaraan 1 juta unit pada 2024 mendatang. Presiden R.I Joko Widodo mengatakan peluang untuk mewujudkan target itu, terbuka lebar. Apalagi, tahun ini Indonesia mampu mengekspor 300 ribu unit kendaraan. 

“Ekspor otomotif Indonesia saat ini tercatat 300 ribu unit, saya minta kepada seluruh keluarga besar otomotif, tahun 2024 minimal 1 juta unit harus keluar dari Indonesia,” kata Joko Widodo, pada pelepasan ekspor perdana Isuzu Traga di Isuzu Karawang Plant, Kab. Karawang, Kamis (12/12/19).

Joko Widodo  menyatakan, jika target ekspor kendaraan pada 2024 terealisasi, maka neraca perdagangan Indonesia dalam lima tahun kedepan akan membaik. Selain itu,  Indonesia juga dapat menjadi production hub otomotif. 

“Defisit neraca perdagangan bisa diatasi dalam 5 tahun kedepan. Sehingga kedepan negara kita bisa jadi production hub otomotif untuk di ekspor ke semua negara. Itulah target yang ingin kita capai dan saya lihat peluang itu terbuka lebar,” ucapnya.

“Kembali saya ingin menegaskan bahwa fokus kerja pemerintah sekarang adalah mengurangi impor dan meningkatkan ekspor, itulah alasan saya kenapa mau datang kesini,” tambahnya.

Pada tahap awal, 120 unit Isuzu Traga diekspor ke Filipina. Ditargetkan pada tahun depan, truk pick up multifungsi tersebut masuk ke-20 negara, seperti Afrika dan Asia Timur.

(Ida)

Bagikan: