Praktikan Pola Mengajar Humanis, Guru Asal Sukabumi Raih Penghargaan



Bandung, Beritainspiratif.com - Salah seorang guru SMA Negeri 1 Surade, Kecamatan Sukabumi bernama Jamhari, meraih predikat juara 1 guru PPKn SMA anugerah konstitusi berprestasi tingkat nasional tahun 2018.

Ditemui selepas peringatan Hari Guru Nasional, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jamhari mengatakan penghargaan tersebut diraih karena dia memiliki pengembangan inovasi pembelajaran atau model pembelajaran yang bisa meningkatkan kualitas kepribadian siswa.

"Saya memiliki inovasi yakni melakukan pembelajaran dengan pendekatan humanis dalam pembelajarakn PPKn, yakni berusaha, mencari, menemukan, megembangkan menggali, daya dan pola pikir siswa dalam menghadapi dinamika masyarakat yang ada," ungkapnya di Gedung Sate, Senin (26/11/2018)

Lebih lanjut ia menjelaskan,

setiap siswa melakukan berbagai langkah dalam melaksanakan pola tersebut, yakni membentuk kelompok, mencari data secara online ataupun lapangan, dan melakukan presentasi hasil penggalian data tersebut.

"Dengan begitu, karena ini pelajaran PPKn berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga anak didik dikenalkan pada dinamika masyrakat dalam kehidupan kewarganegaraan," jelasnya.

Jamhari berharap, bagi para guru agar melihat segala kelebihan murid ditengah keterbatasannya memiliki kepercayaan diri dalam membangun bangsa ini dan guru adalah kuncinya.

"Pada hakikatnya setiap anak punya kelebihan sejelek apapun siswa pasti ada kelebihannya, sentuhlah nilai lebihnya," pungkas Jamhari.    (Tito)

Berita Terkait