Positif Gunakan Doping, OCA Cabut Medali Emas yang Diraih Atlet Ini



Bandung, Beritainapiratif.com - Pegulat asal Mongolia peraih medali emas Asian Games 2018 di nomor gaya bebas kelas 62 kg putri, Orkhon Purevdorj dinyatakan positif menggunakan doping. Dewan Olimpiade Asia (OCA) pun telah mencabut medali yang telah diraihnya.

Pernyataan Orkhon Purevdorj positif menggunakan doping dirilis disitus resmi OCA yang menyatakan Purevdorj tidak lolos tes doping. Pada sampel urinnya, ditemukan kandungan Stanazolol yang termasuk dalam daftar senyawa terlarang yang diterbitkan oleh badan antidoping dunia (WADA) pada tahun 2018.

Ini merupakan kasus doping kedua yang terdeteksi pada Asian Games 2018. Akibat pelanggaran ini, OCA pertandingan gulat gaya bebas putri kelas 62 kg dibatalkan.

Sebelum kasus ini terungkap, Mongolia finis di urutan ke-16 klasemen akhir perolehan medali Asian Games 2018 dengan 5 emas, 9 perak, dan 11 perunggu. Dua dari lima emas yang diraih Mongolia berasal dari cabang olahraga gulat. Sementara tiga emas lainnya berhasil direbut Mongolia dari cabang olahraga Sambo, menembak, dan tinju.

Namun karena kasus ini, perolehan emas Mongolia kini hanya empat keping. Dengan demikian, Mongolia bakal turun ke urutan 15 menggantikan Vietnam yang juga mengoleksi 4 emas. Negeri Uncle Ho naik karena memiliki perak yang lebih banyak (11) dari Mongolia.

Yones

Berita Terkait