Polda Yogyakarta, Banten dan Bengkulu Akan Dipimpin Bintang Dua



Beritainspiratif.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyampaikan bahwa Polri merencanakan akan menaikkan tingkatan sejumlah Polda di Indonesia, dan beberapa daerah yang dalam waktu dekat akan dinaikkan tingkatannya adalah Polda Banten, Polda DI Yogyakarta dan Polda Bengkulu menjadi tipe A, ujar Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (3/7), yang dirilis kumparan.com

Dengan kenaikan tingkatan tersebut, nantinya Polda Yogyakarta, Banten, dan Bengkulu akan dipimpin oleh Kapolda dengan pangkat bintang 2 atau inspektur jenderal (Irjen). Saat ini Polda tersebut masih tipe B dan dipimpin oleh Kapolda berpangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen).

Kapolri menyampaikan bahwa kenaikan tingkatan ketiga polda tersebut dilakukan untuk mengakomodir meledaknya jumlah kombes, selain itu Polri juga akan mengerem kenaikan pangkat dengan cara memperpanjang masa dinas perwira menengah dari Kompol ke AKBP, AKBP ke Kombes.

Kenaikan tingkatan polda sebelumnya telah diterapkan di Polda Jambi, Polda Kalimantan Selatan, dan Polda NTB. Selain itu, Polri juga telah mendirikan Polda Kalimantan Utara yang kini dipimpin oleh Brigjen Pol Indrajit. (Yanis)

Berita Terkait