Polda Sumut Pecahkan Rekor MURI Dunia, Penanaman Pohon Mangrove Terbanyak

Serdang Bedagai, Beritainspiratif.com – Penanaman mangrove atau bakau secara massal merupakan salah satu program kerja Kepolisian Daerah Sumatra Utara. Dengan total 280.000 bibit mangrove telah ditanam secara serentak di 5 kabupaten, yakni Serdang Bedagai, Deli Serdang, Langkat, Batubara, dan Asahan. Senin (15/10/2018) yang dikutip dari laman Rekor MURI.

Penanaman ini dilakukan sebagai upaya pelestarian hutan mangrove yang berfungsi untuk mengurangi abrasi pantai dan penahan gelombang laut dan tsunami.

Setelah menembus rekor dunia dengan menanam 280 ribu batang pohon mangrove, di 4 kabupaten tersebut. Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto, menerima piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan nomor 8684, Senin (15/10/2018), yang dilansir dari laman Instagram #poldasumaterautara, Senin, (15/10/2018).

Selain masing-masing 50 ribu pohon mangrove di 4 kabupaten lain, Kapolda beserta rombongan pejabat utama Poldasu dan pengurus Bhayangkari daerah Sumut, juga menanam 80 ribu pohon bersama 20 ribu nelayan dan pelajar.

Kapolda mengatakan, selain berguna meminimalisir akibat bencana tsunami, penanaman pohon mangrove itu juga bertujuan untuk menjaga kehidupan biota laut, yang selama ini menjadi sumber kehidupan nelayan.

Berangkat dari kekhawatiran akan kesengsaraan pendapatan para nelayan itu, Kapolda berinisiatif dan menggagas kegiatan penanaman ratusan ribu pohon mangrove itu, Tegas Agus. Dari laman kantor berita Antara.

Perwakilan MURI Ridho Al Aziz, menyerahkan piagam kepada Kapoldasu, tentang penanaman hutan mangrove terbanyak pada satu provinsi. Selain itu, piagam juga diberikan kepada Ketua Bhayangkari Sumut, Ny Evi Agus Andrianto dan Ketua Asosiasi Nelayan Sumut, Sutrisno.

Ridho Al Aziz, mengatakan, selain rekor di Indonesia, penanaman mangrove yang dilakukan pihak Poldasu juga menembus rekor dunia yang selama ini sebanyak 265 ribu pohon.     (Yanis)

Bagikan: