Polda Jabar Boyong Tiga Penghargaan dari MURI

Bandung, Beritainspiratif.com – Polda Jabar menerima tiga anugerah penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada acara Ride for Love and Solidarity Riung Mungpulung Komunitas Otomotif 2019, yang berlangsung di Lapangan Gasibu, Jalan Diponogoro, Bandung, Minggu (24/3) lalu.

Tiga anugerah rekor MURI yang diraih ke Polda Jabar yakni,

1.Rampak Musik Karinding oleh pemain terbanyak (1490 pemain),

2.Melukis teknik air brush pada jenis kendaraan terbanyak (25 kendaraan), dan

3.Touring dengan Komunitas Motor terbanyak (325 komunitas motor).

“Salah satu dari rekor itu menjadi rekor dunia. Yang untuk Rampak Musik Karinding yang dimainkan oleh 1490 pemain itu rekor dunianya. Soalnya, sebelumnya rekor hanya dipecahkan oleh 1.200 pemain saja,” kata Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes M. Aries sebagaimana dilansir merdeka, Selasa (26/3).

Aries menjelaskan, tujuan digelarnya rampak Karinding adalah untuk melestarikan seni budaya Jawa Barat. Dia mengatakan, sudah sangat jarang sekali ada kaum muda atau milenial yang mengenal musik Karinding saat ini.

“Karinding merupakan musik tradisional dari nenek moyang kita dulu. Makanya kita berupaya dengan adanya pemecahan rekor MURI, alat ini akan tenar kembali, akan menjadi sesuatu yang dibicarakan oleh kaum milenial,” jelasnya.

Oleh karenanya, dengan viralnya bahkan adanya rekor MURI ini, diharapkan musik Karinding dapat kembali dilirik kaum milenial yang penasaran dan ingin mencoba memainkannya.

“Kita tidak hanya semata-mata memecahkan rekor Karinding, tetapi ada tujuan lain. Kalau angklung kan sudah sering dilaksanakan. Bahkan sampai puluhan ribu. Maka Karinding ini yang belum, makanya kita sama komunitas Karinding se Jawa Barat, kumpulkan kita buat rekor MURI,” katanya.

Tak hanya rekor rampak Karinding, MURI juga mencatat rekor melukis dengan teknik air brush pada jenis kendaraan terbanyak yang diikuti oleh 22 Polres se-Jabar. Bahkan, ada salah satu kendaraan taktis (Rantis) milik PT. Pindad yang turut dihiasi dengan lukisan airbrush.

“Kita juga memecahkan rekor airbrush dengan variasi kendaraan terbanyak. Dengan jumlah kendaraan 25 buah yang di-Airbrush. Kita mengajak seluruh masyarakat terutama kaum milenial, kita sama-sama melestarikan budaya, kemudian kita bersatu padu, supaya kita tidak terpecah-pecah,” jelas Kombes Pol. M. Aries.

Sementara itu, Aries mengatakan jika Touring dengan Komunitas Motor terbanyak diikuti sekitar 325 klub otomotif dengan 8 ribu bikers yang ada di Jawa Barat dengan mengambil start dari Mapolda Jawa Barat dan berakhir di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Aries mengatakan, touring itu tak hanya diikut Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto, namun juga diikuti rombongan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pejabat utama Polda Jawa Barat dan Kodam III/Siliwangi serta para kepala dinas Pemprov Jabar. Mereka turut meramaikan touring dengan menggunakan sepeda motor tersebut.

“Selain melakukan touring keliling Kota Bandung, digelar juga Deklarasi Damai Pemilu di Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Bandung,” pungkasnya.

Yanis)

Bagikan: