Polantas yang Gendong Warga Terserang Jantung, Raih Penghargaan dan Diusulkan Naik Pangkat



Jakarta, Beritainspiratif.com - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) memberikan penghargaan kepada Bripka Sigit Prabowo, yang menggendong warga terkena serangan jantung. Ombudsman menilai tindakan anggota polisi lalu lintas Polres Jakarta Barat itu luar biasa.

Penyerahan penghargaan digelar dalam apel rutin di halaman kantor Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020). Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Ombudsman Amzulian Rifai kepada Bripka Sigit.

"Apa yang dilakukan oleh Bripka Sigit kemarin itu merefleksikan banyak hal. Pertama, kalau dilihat sederhana saja menggendong seorang yang sakit jantung dari halte menuju rumah sakit itu luar biasa," ujar Amzulian dalam amanatnya, kutip Antara.

Menurut dia, apa yang dilakukan Sigit patut ditiru anggota polisi lainnya. Insiden itu juga bisa jadi refleksi perbaikan pelayanan publik. Sebuah piagam jadi simbol penghargaan Ombudsman untuk Sigit.

Amzulian berharap institusi Polri terus bekerja lebih baik lagi melayani publik.

Diusulkan Naik Pangkat

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengaku akan mengusulkan kenaikan pangkat untuk Sigit. Kebijakan ini sebagai bentuk penghargaan dari institusi Polri.
 
"Tentunya penghargaan yang diterima dari masyarakat oleh Pak Sigit akan kita tambahi dari organisasi," kata Sambodo.

Sigit mengaku senang atas apresiasi yang diberikan. Kendati, apa yang dilakukan Sigit sebenarnya merupakan tugas anggota Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

"Semoga ke depannya saya lebih baik lagi dan bisa melindungi mengayomi masyarakat," kata Sigit.

Sigit bercerita, pada Jumat, 14 Februari 2020, dirinya sedang bertugas mengatur lalu lintas di sekitar Halte Busway Harapan Kita, Jakarta Barat. Ia mendengar masyarakat membutuhkan pertolongan.

Bripka Sigit saat menggendong warga ke RS Harapan Kita


 
Saat dihampiri, Sigit mendapati seorang lelaki yang diketahui bernama David kena serangan jantung. Tanpa pikir panjang, ia langsung meminta bantuan warga untuk menaikkan David ke punggungnya.
 
Ia pun menggendong David ke Rumah Sakit Harapan Kita yang berjarak sekitar 200 meter. Aksi Sigit viral di media sosial dan mendapat respons positif banyak warganet.***

Berita Terkait