Polantas yang Dicekik Pengendara yang Tidak Mau Ditilang, Dapat Penghargaan



Beritainspiratif.com - Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri), Irjen Pol Istiono menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas lalu lintas yang terus memberikan informasi lalu lintas kepada masyarakat.

"Terimakasih untuk seluruh petugas lalu lintas, yang tidak bosan memberikan informasi kepada masyarakat. Karena masyarakat perlu pelayanan seperti ini, selain itu informasi yang disampaikan juga harus jelas dan mudah diterima masyarakat," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam sambutannya di hari kedua Rakernis Fungsi Lalu Lintas, di Serpong, Tangerang Selatan. Rabu (12/2/2020) kutip Antara.

Dalam acara tersebut, Kakorlantas Polri memberikan penghargaan kepada 4 anggota polantas terpilih, yakni Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Subandriya, Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi, Personel Gakkum Polda Metro Jaya Bripka Rudi dan Brigadir Eko.

Bripka Rudi sendiri sempat viral videonya saat mendapat perlakuan tak pantas dari pengendara Tohab Silaban yang tak ingin ditilang. Petugas polantas itu didorong dan bahkan dicekik oleh Tohab.

Namun Bripka Rudi menghadapinya dengan sabar tanpa terpancing amarah. Dan Tohab pun kini sudah ditangkap oleh polisi.  

"Penghargaan kepada pesonel juga kita berikan, karena mampu mewujudkan kamseltibcar lantas, seperti pemberantasan ODOL yang dilakukan Dirlantas Jateng, Penanganan cepat korban kecelakaan, dan tegas dalam bertugas namun tetap mengedepankan humanis," lanjut Kakorlantas Istiono.

Kakorlantas juga mengingatkan agar seluruh jajarannya di seluruh Indonesia mampu mewujudkan zero Over Load and Over Dimension (ODOL) yang dinilai sudah menjadi budaya yang dibiarkan selama bertahun-tahun dan menyebabkan banyak kerugian, serta korban-korban kecelakaan.

"ODOL menyebabkan perlambatan, kecelakaan, pemborosan, dan juga menyangkut resiko budaya yang harus kita tertibkan, karena menyebabkan kerugian negara karena membengkaknya biaya perawatan jalan rusak," tegas Kakorlantas.

Sabar dalam Bertugas

Kakorlantas Istiono juga berharap setiap personelnya dapat melaksanakan tugas dengan baik dan sabar dalam menghadapi masyarakat yang berbeda-beda karakternya. Seperti video viral beberapa hari lalu yang dilakukan anggota Ditlantas Polda Metro, yang sedang melakukan tugasnya dengan baik, lalu ditekan dan dihujat oleh pelanggar namun tetap sabar dan bersikap humanis.

"Kita mengharapkan figur setiap polisi seperti ini. Bila tidak ditindak sikap pelanggar seperti itu nanti tuman. Agar menjadi pelajaran juga untuk masyarakat serta jajaran anggota di wilayah. Saya bangga, teruskan berbuat yang baik, bertugas dengan penuh dedikasi untuk Kemanusiaan," tutup Kakorlantas.***

()

Berita Terkait