Pohon Natal Unik ! Dibuat dari Kurungan Ayam dan Sangkar Burung, Inilah Maknanya!



Surabaya, Beritainspiratif.com - Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya membuat kreasi unik dengan mengumpulkan ratusan sangkar bambu burung dan kurungan ayam disusun rapi sehingga menjulang tinggi menjadi pohon natal setinggi 7,5 meter dan dipamerkan di ruang perpustakaan kampus yang terletak di Jalan Siwalankerto, Minggu, (23/12/2018).

Dian Wulandari, Kepala Perpustakaan Petra yang juga konseptor dari filosofi pohon natal tersebut, menyampaikan bahwa pihaknya meneruskan tradisi pada tahun-tahun sebelumnya, dan sengaja menghadirkan suasana dan semangat baru dalam setiap natal. Lalu diwujudkan oleh dosen luar biasa program studi Desain Komunikasi Visual UK Petra, Trimatra Bagoes.

"Pohon natal ini dibuat hasil kolaborasi saya dan dosen Luar Biasa DKV UK Petra, Trimatra Bagoes," ujar Dian yang dilansir detik.

Sebagai konseptor, Dian menjelaskan dipilihnya sangkar sebagai bahan utama maknanya adalah simbol ketidakmuliaan dan belenggu manusia karena diakibatkan dosa-dosa yang telah dilakukan sehingga manusia menjadi terisolir dari Sang Pencipta.

Dian menyampaikan pohon natal unik ini membutuhkan sekitar 219 sangkar bambu yang dipesan langsung dari Lamongan. Lalu disusun dan dipercantik dengan pernak-pernik serta lampu.

Proses pembuatannya sendiri menghabiskan waktu selama dua minggu dan dengan dana untuk pembuatan pohon natal itu berasal dari kampus dengan anggaran lebih dari Rp 10 juta, tambah Dian.

Dian Rosario Sutanto salah satu mahasiswa UKP Desain Visual Komunikasi mengungkap bahwa Pohon Natal ini menarik karena mengangkat hubungan antara manusia, dosa, dan Sang Pencipta. Sebagaimana manusia yang masih terkurung oleh dosa dan membutuhkan bimbingan Tuhan untuk kembali padanya," pungkasnya.

(Yanis)

Berita Terkait