PKL Cicadas Tahun Depan Akan Direlokasi

Bandung, Beritainspiratif.com – Ketua Satgasus PKL pada Selasa (2/10/2018) dilakukan serah terima yang semula dijabat oleh Oded M Danial yang kini telah menjadi Walikota Bandung, diserahkan kepada Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Dalam serah terima tersebut dipaparkan pula dalam rapat tentang pencapaian Satgasus periode pemerintahan Ridwan Kamil-Oded M Danial pada 2013-2018.

“Selama lima tahun yang lalu, Satgasus berhasil melaksanakan penataan di 17 titik dengan jumlah 5.400an PKL,” tutur Oded di Balai Kota Bandung, Rabu (3/10/2018).

Kepada Yana, Oded meminta agar menyelesaikan dua tugas utamanya, yakni penertiban PKL mobil toko (moko) di sepanjang Jalan Diponegoro dan PKL di Cicadas.

Lanjut Oded, PKL moko kebanyakan adalah orang yang telah memiliki toko, lalu mengembangkan usahanya dengan menggunakan media mobil agar dapat menghindari membayar pajak dan dapat berjualan bebas

“Sesungguhnya moko itu bukan hanya pengusaha PKL, tapi banyak yang sudah bareunghar nyieun weh moko, beda antara PKL di Gasibu dengan PKL moko,” ujarnya.

Moko melanggar aturan dengan berjualan di bahu jalan sebab seharusnya jalan tersebut bebas hambatan dan tidak digunakan untuk parkir kendaraan apalagi berjualan.

“Dan saya tegaskan untuk ditertibkan,”kata Oded.

Untuk PKL Cicadas, Oded meminta agar dilakukan penataan jangka pendek dengan merapihkan sementara tempat berjualan para PKL agar tidak terkesan kumuh.

“Sedangkan jangka panjang telah dikomunikasikan dengan dewan (DPRD Kota Bandung) tahun depan dilakukan penataan dengan cara relokasi,” ucapnya.

Yana siap untuk menjalankan tugas barunya, dengan memperkuat soliditas jajarannya agar tugas dapat berjalan dengan baik, dan mengupdate data PKL terakhir posisi tahun 2015 di Kota Bandung yang tercatat 22.000 PKL.    (Yanis)

Bagikan: