Petani Desa Pegagan Lor-Cirebon, Terima Bantuan Pompa Air



Cirebon,Beritainspiratif.com - Pada saat musim kemarau, Petani desa Pegagan Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon sering sekali kesulitan mendapatkan air, sehingga tanaman padi yang ditanam petani terancam gagal panen.

Namun sekarang, Petani di desa Pegagan Lor bisa tersenyum dengan bantuan pompa air dari Kementian Pertanian lewat Dirjen Pertanian.

"Alhamdulilah, kami mendapat bantuan dari Pak Dirjen, berupa dua unit pompa air, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat kami," ujar Kepala Desa Pegagan Lor, Hj Ii Firiyani, saat dikonfirmasi beritainspiratif.com, Jumat (26/7/2019).

Dikataka Ii, petani di desa nya sering sekali mengeluh karena kekurangan air pada saat musim kemarau ini, namun dengan bantuan pompa air ini, petani dapat menyalurkan air dari sungai menggunakan pompa kemudian dialirkan ke saluran tersier yang ada.

"Pompa air ini sangat membantu sekali, semoga saja tidak ada lagi kendala masalah air, khususnya pada saat musim kemarau seperti sekarang ini," katanya.

Selain bantuan pompa, dikatakan Ii, pihaknya juga tengah mengajukan beko (alat pengeruk.red) hal ini dilakukan untuk memperbaiki saluran sekuler maupun sekunder yang sudah mengalami pendangkalan.

"Pendangkalan ini sangat menggangu petani, air yang seharus nya mengalir jadi terhambat karena pendangkalan," katanya.

Ii berharap dengan bantuan yang diterima bisa meningkatkan produksi padi di desanya, sehingga masyarakat desa Pegagan Lor, bisa lebih sejahtra.

(Dekur)

Berita Terkait