Petakan Kemampuan Siswa, SMPN 1 Lemahabang Bakal Laksanakan Tes Akademik

Cirebon,Beritainspiratif.com – Dalam memetakan kemampuan siswa, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, pihak SMPN 1 Lemahabang bakal mengadakan tes akademik untuk siswa baru.

Hal ini disampaikan kepala SMPN 1 Lemahabang, Didin Jaenudin, saat dikonfirmasi beritainspiratif.com, Rabu (17/7/2019).

“Setelah selesai masa pengenalan lingkungab sekolah (MPLS) ini kami kan mengadakan tes akademik khusus untuk anak-anak kelas 7 (yang baru diterima.red” ujar Didin.

Tes yang akan diikuti, dikatakan Didin, diantaranya, baca tulis Al-Quran, membaca, berhitung dan yang lainnya. Hal ini dilakukan, lanjut Didin, untuk mengetahui berapa banyak siswa yang belum bisa membaca atau yang masih memiliki kekurangan.

“Setelah dilakukan pemetaan, nanti kita akan bisa mengetahui berapa banyak siswa yang mempunyai kemampuan akademik baik dan kurang,” katanya.

Didin juga mengatakan, setelah dilakukan pemetaan, pihaknya akan melakan pengelompokan, hal ini dilakukan untuk memaksimakan pola pembelajaran terhadap anak didik.

“Kalau sudah terkelompok kan nanti lebih mudah untuk memberikan materi pelajaran, dan yang dianggap kurang, kami nanti akan memaksimalkan agar anak-anak yang dianggap kurang bisa mengikuti yang dianggap baik,” jelasnya.

Didin berharap orang tua juga bisa membantu pihak sekolah dalam memberikan pendidikan kepada anak didiknya, sehingga tujuan akhir agar anak bisa menjadi anak yang memiliki prestasi khususnya dalam bidang akademik. (Dekur)

Bagikan: