Pesawat Tempur F-16 Terbang ke Perairan Natuna



Beritainspiratif.com - Untuk mengamankan wilayah NKRI, personel TNI AU dari Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengerahkan empat pesawat tempur F16 ke Perairan Natuna.

Empat pesawat diterbangkan dari Skuadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru pada pukul 10.20 WIB. Pesawat langsung menuju Lanud Raden Sadjad Ranai.

"Hari ini kami kirim satu flight melakukan Operasi Lintas Elang 20. Operasi rutin wilayah barat yang digeser ke Natuna untuk pengamanan kedaulatan wilayah NKRI," ujar Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma Ronny Irianto Moningka, Selasa (7/1) kutip antara.

Ronny menyebutkan, satu flight yang dikirimkan terdiri dari 4 pesawat, 6 penerbang dan 6O teknisi. Pengiriman F16 dilakukan atas perintah Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto. Personel TNI AU akan berada di sana selama satu pekan.

TNI AU selalu siap melaksanakan operasi sesuai perintah Panglima TNI. Dia langsung membantah jika operasi ini dilakukan untuk memprovokasi pihak lain. "Kita menjaga wilayah kita (NKRI) dengan baik," ucap Ronny.

China mengklaim wilayah itu masuk ke wilayah mereka dengan sebutan Nine Dash Line (sembilan garis putus-putus). China menganggap Nine Dash Line sebagai wilayah laut China Selatan seluas 2 juta kilometer persegi, berdasarkan hak maritim historis mereka. Kapal dari China sering ditemukan nelayan di titik koordinat 108 hingga 109 sebelah utara hingga timur pulau laut.

Yanis

Berita Terkait