Pesan Gubernur Jabar Jelang Penetapan Rektor Unpad Baru



Bandung, Beritainspiratif.com - Jelang ditetapkannya Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) pada akhir Oktober mendatang, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan sejumlah pesan.

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil menyampaikan, Rektor Unpad ke depan harus menciptakan metode pendidikan yang menciptakan sarjana yang lebih bermanfaat bagi masyarakat bukan untuk diri sendiri.

"Saya kira titipan saya ke Unpad, keilmuan itu jangan seperti menara gading. Menara gading itu riset-riset hanya mempintarkan diri sendiri, kebermanfaatannya harus terasa di masyarakat," jelasnya saat ditemui di Gedung Sate, Rabu (3/10/2018).

Nantinya, lanjut Emil, porsi pengabdian mahasiswa pada masyarakat harus ditambah.

"Jadi saya menekankan pengabdian ke masyarakatnya itu tolong agar lebih besar,"ungkapnya.

Berkaitan dengan pengabdian masyarakat, selaras dengan salah satu program Pemprov yakni 1 desa 1 perusahaan.

"Saya ada program 1 desa 1 perusahaan, saya butuh 1000 Ceo misalkan, bisakah lulusan Unpad berpartisipasi? imbuhnya.

Emil menggambarkan, bagi yang ingin berpartisipasi dan mengabdi agar menunda dulu niat bekerja setelah kuliah.

"Misalnya jangan kerja dulu dua atau tiga tahun, bantu kami melahirkan enterpreneurship. Nah contoh-contohnya begitu," lanjut Emil.

Emil menegaskan, dengan jumlah mahasiswa yang banyak, Unpad mesti bisa menelurkan sarjana yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Selain penuh dengan penelitian, Unpad yang saya dengar ter-favorit kalau dari sisi jumlah peminat, tapi jangan lupa, oleh masyarakat juga harus terasakan (manfaatnya) namanya juga Padjajaran," pungkasnya. (Tito).

Berita Terkait