Pertumbuhan E-commerce Jawa Barat Tertinggi di Indonesia

Bandung,Beritainspiratif.com -Pertumbuhan industri belanja online (e-commerce) di Jawa Barat terus berkembang. Saat ini, pertumbuhan e-commerce di provinsi yang berpenduduk sekitar 50 juta ini, berada pada urutan teratas di Indonesia.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, warga Jawa Barat semakin lama semakin online. Bersamaan dengan hal itu, muncul potensi sisi gelap dari industri berbasis internet tersebut.

Ia menuturkan, dalam dunia digital terdapat dua sisi yaitu sisi positif dan negatif.

“Sisi positif segalanya terkoneksi secara online. Sementara sisi gelapnya ada berita bohong (hoax) mengemuka melalui dunia digital. Barang yang diiklankan tidak sesuai dengan yang dikirim, sehingga merugikan konsumen,” kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil pada pembukaan Pameran alam rangkaian peringatan Hari Konsumen Nasional di depan Gedung Sate kota Bandung, Selasa (19/3/2019).

Hal itu lanjut Emil, dikarenakan masyarakat sekarang semakin mencari hal – hal yang bersifat gampang. Namun kadangkala proses quality controlnya kurang dan keyakinannya banyak pasrah.

“Masyarakat sekarang lebih mencari gampangnya saja, ketika tidak sesuai dengan yang diinginkan memilih pasrah saja. Melalui Hari Konsumen Nasional ini, kita harus tunjukkan bahwa konsumen sebagai pembeli haknya harus diutamakan,” tegas Emil.

Pameran Hari Konsumen Nasional tahun 2019 diselenggarakan Ditjen Perlindungan Konsumen & Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, bekerjasama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional dan Pemprov Jawa Barat, mengangkat tema Pameran Edukasi Konsumen.

Kegiatan ini berlangsung dua hari, diikuti 90 booth pelayanan pengaduan konsumen dan produk unggulan UMKM di Jawa Barat. (Ida)

Bagikan: