Pertama Kali USBN di SMAN 1 Kedokan Bunder Indramayu Berbasis Android



Indramayu, Beritainspiratif.com - Kemajuan teknologi harusnya bisa dimanfaatkan untuk semua bidang, termasuk di dunia pendidikan.

SMAN 1 Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu memanfaatkan kecangihan tekologi ini dalam kegiatan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dengan menggunakan smartphone berbasis android.

Kepala SMAN 1 Kedokan Bunder, H Hartono, saat ditemui Beritainspiratif.com, mengatakan, USBN yang dilaksanakan berbasis android ini, mengaku baru pertama kali dilaksanakan di sekolah nya.

"Teknologi harus dimanfaatkan dengan baik, termasuk dalam dunia pendidikan, untuk itu kami mencoba melakukan terobosan baru dengan memanfaatkan fasilitas ponsel pintar ini," ujar Hartono, Senin (18/3/2019).

Dikatakan Hartono, dengan melaksanakan USBN berbasis android ini, pihaknya mengaku lebih mudah untuk memberikan soal kepada para peserta didik.

"Saya melihat anak-anak juga lebih nyaman dalam mengerjakan soal-soal pada USBN kali ini, jadi anak didik tidak repot-repot harus menggunakan kertas jawaban," katanya.

Pelaksanaan USBN ini, menurut Hartono, bukan tidak ada kendala, masih banyaknya siswa yang belum memahami penggunaan smartphone ini manjadi salah satu kendala yang dihadapi, selain itu kapasitas dari smartphone yang tidak standar juga mempengaruhi pelaksanaan USBN berbasis android ini.

"Sebelum pelaksanaan USBN ini kami sudah melakukan sosialisasi dan uji coba terlebih dahulu, dan hasilnya seluruh siswa bisa memahami dan alhamdulilah, hari pertama USBN ini tidak ada kendala apapun," paparnya.

Hartono juga mengatakan, ke depan sekolahnya juga akan menerapkan kegiatan serupa (berbasis android.red) dalam kegiatan ulangan harian, UTS dan Penilaian Akhir Semester (PAS).

"Kami berharap dengan diberlakukannya sistim berbasis android ini, kualitas anak didik kami bisa lebih baik, sehingga bisa meningkatkan kualitas SDM yang baik," tambahnya.

(Dekur)

Berita Terkait