Pertama Kali Gajah Kibarkan Bendera Di HUT RI Ke-73

Aceh Jaya, Beritainspiratif.com – Upacara pengibaran bendera merah putih untuk memperingati HUT Ke 73 RI di lokasi Conservation Response Unit (CRU) Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya. Jum’at (17/08/18), melibatkan 3 ekor gajah.

Gajah tersebut terdiri dari satu ekor gajah jantan dan dua gajah betina, dilibatkan menjadi bagian pasukan pengibar bendera yang diikuti puluhan peserta dari berbagai kalangan, pengibaran bendera yang pertama sekali dilakukan di CRU Sampoiniet Aceh Jaya ini dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada warga sebenarnya gajah yang belakangan kerap terjadi konflik dengan manusia sesungguhnya hewan itu dapat hidup berdampingan dan harus dilindungi keberlangungan hidupnya.

Saat proses upacara pengibaran bendera merah putih berlangsung, satu ekor gajah jantan diapit dua betina dengan berbaris dan berjalan rapi menyerahkan bendera kepada mahot untuk dikibarkan.

Gajah pun secera serentak mengikuti aba-aba komandan upacara untuk menghormati bendera sambil diringi nyanyian lagu indonesia raya oleh puluhan peserta upacara 17 Agustus 2018.

Usai upacara pengibaran bendera merah putih, tiga ekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) jinak yang ditunggangi mahot membawa bendera merah putih menyusuluri aliran sungai Sarah Dee kawasan lokasi Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet Aceh Jaya, Jum’at (17/08/18)

Pengibaran bendera di CRU dan melibatkan gajah ini merupakan yang pertama kami lakukan, alhamdulillah berjalan lancar, kata Samsul Rizal, Leader CRU, Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya usai mengikti upacara Jum’at (17/08/18) yang dilansir kompas.com

Menurut Samsul, upacara pengibaran bendera pada 17 agustus 2018 ini merupakan kali pertama dilakukan di CRU dengan melibatkan tiga ekor gajah jinak.

Tujuannya memberikan edukasi kepada masayarakat terhadap keberlangsungan hidup hewan dilindungi itu.

Usai mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih, tiga ekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang sudah terlatih itu kemudian kembali membawa tiga helai bendera merah putih menyusuri aliran sungai Sarah Dee di kawasan lokasi CRU Sampoiniet Aceh Jaya. Ketiga gajah itu juga ditunggangi oleh mahot.

Yanis

Bagikan: