Pertahankan Adat, Kasepuhan Sirnaresmi Gelar Seren Tahun Ke-649

SUKABUMI. Sukabumi selalu saja menyuguhkan pesona wisata alam dan budayanya. Salah satu budaya yang masih melekat di Kabupaten Sukabumi adalah acara Seren Tahun yang di laksanakan di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono mengucapkan terimakasih kepada Kasepuhan Sirnaresmi yang tetap konsisten menyelenggarakan acara Seren Tahun Kampung Adat Kasepuhan Cipta Gelar ke-649.

Turut hadir dalam acara ini yakni kesultanan dan kerajaan Nusantara. Mereka diantaranya Sultan Dhemak, Raja NTB, Raja Sinjai, Raja Tapanuli dan Ratu Sumetera Utara.

“Kegiatan ini selalu mendapat perhatian wisatawan domestik maupun internasional untuk datang dan melihat acara Seren Tahun. Alhamdulilah Kasepuhan Sirnaresmi masih bisa mempertahankan warisan budaya dan bisa menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Adjo kepada BeritaInspiratif, Minggu (17/9).

Adjo menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan selalu mendukung kegiatan kesenian adat Kasepuhan Cipta Gelar karena kesenian seperti ini merupakan salah satu nilai budaya Bangsa Indonesia.

Selain itu, lanjut Adjo, acara Seren Tahun ini memiliki manfaat begitu besar bagi pesona pariwisata Kabupaten Sukabumi terlebih sistem dan pengelolaan pertanian yang baik tanpa menggunakan bahan kimia.

“Seren Tahun ini sebagai pengingat untuk kita dalam mengolah hasil pertanian yang unggul dan bebas dari bahan kimia “ pungkasnya. (gan)

Bagikan: