Persaingan Rekrutmen CPNS di Cirebon Diprediksi Ketat



Cirebon, Beritainspiratif.com - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon, Supadi Priatnaý menyebutkan, tahun ini Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberi kuota CPNS bagi Kabupaten Cirebon lebih dari 400 orang.

Ia mengatakan pihaknya terlebih dahulu akan berkonsulatasi dengan Kemenpan RB terkait kuota.

"Kuota CPNS Kabupaten Cirebon 440 orang. Tapi pada rincian yang dilampirkan dalam keputusan Kemenpan itu, kami hitung jumlahnya 475 orang. Makanya kami konsul dulu ke Kemenpan RB jumlah mana yang dipakai," katanya.

Meski belum dipastikan, bila mengacu pada rincian sejumlah 475 orang, formasi yang dibuka salah satunya berupa formasi khusus bagi eks kategori 2 (K2) Tahun 2013 yang tak lulus sebanyak 27 orang. Ke-27 orang itu terdiri dari tenaga guru 24 orang dan tenaga kesehatan tiga orang.

Selain formasi khusus, terbuka pula peluang untuk formasi umum sebanyak 448 orang. Jumlah itu terdiri dari tenaga guru 345 orang, tenaga kesehatan 89 orang, dan tenaga teknis 14 orang.

Terlepas dari kuota yang masih memerlukan konfirmasi Kemenpan, Supadi mengungkapkan besarnya kemungkinan tingginya persaingan pada rekrutmen CPNS Kabupaten Cirebon kali ini. Dia mengingatkan, daerah tetangga yakni Kabupaten Kuningan, menjadi satu daerah di Wilayah Cirebon (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka) yang tak membuka rekrutmen.

"Di Jawa Barat ada dua daerah yang tak membuka rekrutmen CPNS yakni Kuningan dan Cianjur. Jadi kemungkinan besar rekrutmen CPNS di Kabupaten Cirebon diminati masyarakat Kuningan, sehingga persaingan pasti tinggi," paparnya.    (Yones)

Berita Terkait