Perkemahan Pramuka Santri Tahun 2018 di Jambi Pecahkan Rekor MURI



Jambi, Beritainspiratif.com – Salah satu seni vokal tradisional masyarakat Melayu di Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Muarabungo, Jambi, menampilkan seni vocal musikal tradisi melayu Krinok, yang dibawakan oleh ratusan santri berupa pantun-pantun mantera dan doa yang dikumandangkan secara sahut-menyahut dan dipadukan dengan musik kelintang kayu pohon ngkring Beluka.

Acara seni Krinok ini ditampilkan pada pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) ke-V tahun 2018 di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa, Sungai Gelam, Kabupaten Muara Jambi, Jambi, Kamis (25/10/2018) yang dilansir dari Antara.

Acara dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan dihadiri Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar dan Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Budi waseso.

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin menegaskan, spirit budaya nusantara dan budaya pesantren adalah salah satu yang melandasi kegiatan ini.

Dengan mengangkat tema "Pramuka santri menebar kedamaian untuk Indonesia yang kuat" ia berharap semua elemen bangsa turut emlestarikan kesenian sebagai bagian dari upaya menjaga keindonesiaan yang plural.

Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Komjen Pol (Pur) Budi Waseso mengatakan, Indonesia adalah negara yang ditopang perbedaan sebagai aset yang merekatkan.

"Perbedaan adalah aset dan modal utama bangsa Indonesia yang plural ini, Pramuka sebagai wadah pendidikan luar sekolah merupakan sarana yang lebih efektif bila dikolaborasikan dengan santri," ujarnya.    (Yanis)

Berita Terkait