Perizinan Diperketat Paska Gulung Tikarnya 1.011 Unit Koperasi di Cianjur



Cianjur, Beritainspiratif.com - Hampir 70 persen atau sebanyak 1.011 unit koperasi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, gulung tikar. Kepengurusannya tak lagi beraktivitas yang dipicu berbagai faktor.

Hal itu, diungkapkan Kepala Seksi Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan KUMKM Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Teguh Budiono di Cianjur, Jumat (14/9).

" Sekitar 70 persen atau 1011 unit koperasi di Cianjur kepengurusannya tidak aktif lagi," kata Teguh.

Beberapa faktor yang menjadi pemicu seperti lemahnya peran organisasi koperasi, pengawasan, kelembagaan, maupun kepengurusan.

Sebetulnya, animo masyarakat Kabupaten Cianjur membentuk koperasi relatif cukup tinggi. Namun Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan KUMKM setempat sekarang lebih selektif lagi memberikan izin rekomendasi pendirian koperasi.

" Kita sekarang lebih selektif untuk memberikan ijin koperasi," tutur Teguh.

Berbagai upaya pembinaan pun dilakukan pemerintah agar koperasi yang sedang berjalan bisa lebih kuat dari berbagai sektor. Misalnya pembinaan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi anggota, pengurus, serta pengawas.

Dinas pun, mengingatkan kepada elemen masyarakat yang berniat mendirikan koperasi agar selalu didasari asas-asas koperasi yakni dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota.

" Jika persepsi itu sudah sama, maka saya yakin sebuah koperasi akan bisa dikelola dengan baik," pungkas Teguh. (Yones)

Berita Terkait