Peringati Sumpah Pemuda, PKC PMII Jawa Barat Gelar Refleksi Sumpah Pemuda



Bandung, Beritainspiratif.com - Pengurus Kordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia menggelar Refleksi Sumpah Pemuda di gedung DPD KNPI Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Minggu (28/10/2018). Acara tersebut mengusung tema "Manifestasi Pemuda dalam Pembangunan Nasional".

Pantauan dilokasi, acara dimulai sekitar pukul 15.30 WIB. Menurut keterangan ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Barat Rio F Wilantara bahwa acara tersebut penting digelar guna memberi pengarahan kepada pemuda agar selalu menjaga integritas bangsa.

"Kita ketahui bahwa tema hari ini linier dengan kejadian-kejadian beberapa waktu terakhir, bahwa ada sebuah disintegrasi antar kelompok, oleh karena itu KNPI dan PMII melakukan deklarasi bahwa pemuda di Jawa Barat tetap solid, pemuda Jawa Barat punya kekuatan untuk tetap menjaga persatuan." jelasnya dalam sambutan.

Selain itu dirinya menegaskan, pemuda perlu terlibat aktif sebagai teladan masyarakat dalam menjaga persatuan khusunya menjelang tahun politik mendatang.

"Kita sama-sama akan mengawal pelaksanaan Pilpres jangan sampai diadu domba, maka hari ini kita perlu berkolaborasi dengan semua pihak dimana pemuda punya inisiasi menjaga persatuan dan kestuan," jelasnya.

Sementara itu, ketua PKC PMII Jawa Barat Fachrurizal mengamini gagasan tersebut, menurutnya kehadiran PMII sebagai pemuda dan sebagai intelektual maka perlu bijaksana dalam menyikapi setiap peristiwa.

"PMII Jawa Barat berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Jawa Barat, karena itu merupakan tugas pemuda sekaligus seorang intelektual," jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, perwakilan Pangdam III Siliwangi, Polda Jabar, sejumlah OKP, perwakilan KPU Jawa Barat, Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Provinsi Jawa Barat, Sonny S. Adisudarma serta pejabat  lainya.       (Tito)

Berita Terkait