Peringati Hari Sindroma Down, POTADS Kota Bandung Gelar Pentas Seni Anak Down Syndrome



Bandung,Beritainspiratif.com - Sindroma down (Down syndrome) merupakan kelainan genetik, yang terjadi pada kromosom 21 menjadi 3 kromosom pada tubuh penyandang down syndrome.

Mengacu pada adanya tambahan kromosom tersebut, maka tanggal 21 Maret ditetapkan sebagai Hari Down Syndrome sedunia.

Diperingatan ini, orang dengan sindroma down dan orang yang bekerja dengan mereka, berkumpul dan berpartisipasi dalam kegiatan untuk meningkatkan kepedulian sekaligus menciptakan kepedulian akan hak dan inklusi bagi penyandang sindroma down.

Pusat Informasi dan Kegiatan Persatuan Orangtua Anak Dengan Down Syndrome (PIK POTADS) kota Bandung, memperingati Hari Sindroma Down dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan, sejalan dengan tema besar tahun ini "Semua Harus Sekolah"

Ketua POTADS Kota Bandung Rita Suryati memaparkan, peringatan tahun ini diisi dengan seminar mengenai persiapan pendidikan anak down syndrome untuk orang tua dan fun run pada tanggal 31 Maret.
Anak-anak akan berlari sekitar 1,5 kilometer dari Jalan Ir. H. Juanda hingga ke Balai Kota.

"Melalui fun run ini, kami ingin menunjukkan bahwa ada anak seperti ini. Penyandang down syndrome bukan penderita penyakit menular yang harus diasingkan, tapi mereka adalah anak- anak istimewa yang dititipkan oleh Tuhan," ujar Rita di Bandung, Kamis (28/3/2019).

Di Balai Kota lanjut Rita acara puncak digelar dengan penampilan pentas seni, pemeriksaan kesehatan seperti konsultasi ahli gizi dan psikologi dan bermain bersama. Sedang di arena bermain, Karniv.012 menyediakan beragam booth activity, agar anak-anak tetap senang dan semangat.

POTADS merupakan organisasi nirlaba yang didirikan enam tahun lalu.

Organisasi yang didirikan atas inisiatif orang tua yang memiliki anak penyandang down syndrome ini, merupakan wadah untuk saling bertukar pikiran dan kegiatan-kegiatan positif untuk anak-anak seperti menyanyi, belajar atau bela diri.

“Setiap tahunnya, POTADS memperingati Hari Down Syndrome Sedunia, agar masyarakat tidak memandang sebelah mata kepada anak-anak kami. Anak down syndrome merupakan anugerah dan ciptaan-Nya sehingga perlu dihargai juga,” ujar Rina Niawati pembina Potads Kota Bandung.

Sementara itu, dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Karniv.012 ke-8 sekaligus memperingati Hari Down Syndrome Dunia, steak house ini merayakannya melalui aksi donasi.

Marketing Manager Karniv.012 Dea Putri Utama menuturkan setiap pembelian menu Hamburg Steak, pembeli telah mendonasikan Rp8.888 dari harga menu itu untuk para penyandang Down Syndrome, khususnya di Kota Bandung.

“Donasi akan diberikan sepenuhnya kepada POTADS, pada puncak perayaan 31 Maret mendatang,” ucap Dea.

(Ida)

Berita Terkait