Peringati Hari Kanker Sedunia, RSHS Ajak Ambil Bagian Dalam Aksi Melawan Kanker

Bandung, Beritainspiratif.com – Penyakit Kanker merupakan penyebab kematian terbesar kedua di dunia. 70 persen kematian akibat penyakit mematikan ini, terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah termasuk Indonesia.

Ketua Tim Kanker Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dr. Maman Abdurrahman mengatakan, di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tersebut, pasien yang berobat ke rumah sakit stadiumnya sudah tinggi dengan stadium 3 dan stadium 4 dimana kankernya sudah menyebar.

Menurut dr Maman, dalam dua tahun terahir jumlah kunjungan pasien dengan penyakit kanker ke RSHS sebanyak 128.520 orang, baik yang rawat jalan maupun rawat inap atau 9,69 persen dari total jumlah kunjungan pasien 1,3 juta orang.

Kasus pasien kanker terbanyak adalah kanker payudara dan kanker serviks, menyusul leukimia, kanker ovarium, nasofaring, kanker liver dan kanker paru-paru.

“Pasien penyakit kanker di RSHS terbanyak kanker payudara dan kanker serviks. Kanker payudara tidak hanya ditemukan pada perempuan tapi pada laki-laki juga ada. Namun kasusnya jarang,” katanya di RSHS Bandung, Senin (20/1/2020).

Ia menjelaskan, kanker adalah keganasan dengan ciri-ciri berupa benjolan yang tumbuh tidak pada tempatnya. Sedangkan tumor adalah benjolan bisa jinak bisa juga ganas atau disebut juga kanker. Tapi sebenarnya kanker adalah bagian dari tumor.

Kanker itu lanjut dr Maman sebetulnya dapat dicegah. Kematian akibat kanker dapat dicegah, bila diketahui secara dini.

“Dengan menerapkan strategi pencegahan secara dini dan pengelolaan yg tepat, hingga 3,7 juta nyawa penderita kanker dapat diselamatkan,” ujar dr. Maman.

Untuk itu, pada hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) yang diperingati setiap tanggal 4 Februari, dr Maman mengajak semua pihak ambil bagian dalam aksi terhadap melawan kanker.

Sejalan dengan tema I am and I will (Ini Aku dan Aku Akan Melakukannya) pada peringatan hari kanker sedunia tahun ini, RSHS akan menggelar kampanye dan penyuluhan kanker di berbagai tempat dan rumah sakit.

“Gongnya Color Run 5K di GOR Saparua Bandung, kampanye kanker, pemeriksaan kesehatan gratis, bazar dan talkshow kesehatan, yang akan digelar pada 9 Februari 2020 mendatang,” pungkasnya.

(Ida)

Bagikan: