Peringatan HKN, Gubernur Jabar Ingatkan Pentingnya Germas

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar upacata peringatan Hari Kesehatan Nasional ke – 54 di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Senin (12/11/2018). Pada kesempatan tersebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membacakan sambutan menteri Kesehatan Nila F. Moeloek.

Seperti diketahui, Pemerintah Republik Indonesia saat ini sedang gencar mengkampanyekan program Gerakan Masyarakat Sehat sehingga itu menjadi tema utama dalam peringatan HKN kali ini.

“Di Hari Kesehatan Nasional yang ke 54 ini intinya adalah mengajak masyarakat menguatkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas),” ungkap Ridwan Kamil selepas upacara.

Pihaknya juga menyebut, sejumlah perbaikan fasilitas-fasilitas kesehatan juga terus dikebut, guna menjamin kesehatan masyarakat di seluruh indonesia.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak semua pihak, pada HKN ke – 54 ini untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan,” ujarnya.

Pihkanya mengingatkan juga bahwa dalam soal kesehatan, yang penting dilakukan oleh masyarakat adalah tindakan yang preventif.

“Diimbau kepada masyarakat bahwa dalam urusan kesehatan agar adanya sikap pencegahan sehat itu harus menjadi lebih utama ketimbang pengobatan atau rehabilitatif,” jelasnya.

Hal itu, dikatakannya karena perilaku hidup sehat sangat penting dimulai dari diri sendiri, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Perlu saya ingatkan agar para kepala dinas dan kepala puskesmas agar selalu mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing-masing,” tandasnya.

(Tito)

Bagikan: