Peringatan Hari Santri nasional, Santri Al-Ghazaly Unjuk kebolehan Bermain musik



Bandung, Beritainspuratif.com - Santri Pondok Pesantren Al-Ghazaly Bogor dan siswa Panti Asuhan Wisma Karya Bakti, Depok tampil pada pertunjukan aneka ragam kesenian bertajuk 'Kidung Santri Nusantara', di Taman Budaya Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (22/10/2018).

Pagelaran yang bekerja sama dengan Pemerintaah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Jawa Barat A. Casmadi memberikan apresiasi acara tersebut, mengingat jumlah santri dan kebudayaan khususnya di Jawa Barat sangat banyak, sehingg keduanya saling berkaitan erat dalam proses pelestariannya.

"Kita tahu bersama bahwa santri dan budaya di Jawa Barat sangat banyak, perlu ada sinergi diantara keduanya agar bisa menciptakan santri yang cinta kebudayaan dan budaya kesantrian," jelasnya saat sambutan.

Pihaknya meminta semua elemen baik itu pemerintah, lembaga pendidikan, serta masyarakat, khususnya para santri agar bahu membahu menjaga kebudayaan di Jawa Barat.

"Pada hari ini kita bisa menyelenggarakan kegiatan kebudayaan yang diisi para santri

ini merupakan kebahagian untuk dapat menikmati sebuah budaya, sebuah aktifitas, dan kebudayaan ini perlu didukung oleh kita semua, perlu kita dorong terus sehingga kebudayaan yang ada di Jawa Barat bisa eksis, apalagi budaya yang punya nilai Islami," imbuhnya.

Kebudayaan secara umum, lanjut Casmadi, juga perlu dipilah terutama di era informasi. Dengan begitu banyaknya jenis kebudayaan yang diserap setiap hari, masyarakat perlu memilih mana budaya yang sesuai dengan bangsa Indonesia.

"Hari ini kita tahu, akses informasi digital sangat cepat, berbagai kebudayaan dari berbagai belahan dunia diserap oleh masyarakat kita, melalui acara ini diharapkan para santri menjadi pionir bagi masyarakat agar menjadi tauladan dalam memilih kebudayan yang sesuai dengan bangsa Indonesia," tandasnya.

Pantauan dilokasi, para santri dan siswa panti asuhan unjuk kebolehan, musik pembuka diisi dengan penampilan lagu bernuansa etnik dari musik jalanan Centre feat Santri Al Ghazaly, disambung dengan penampilan solo drummer Adang Nugraha Cakrawana, kemudian lantuanan lagu-lagu religi dibawakan Najma Fariza dan Bagus Mobasugi. Dilanjutkan dengan penampilan dari Cakrawana, penampilan pamungkas diisi Marge 'Marawis Reeggae' membawakan lagu Kun Anta.     (Tito)

Berita Terkait