Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok dan Muhammadiyah  Kumpulkan Zakat



Beritainspiratif.com- Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok menghimpun zakat untuk kemudian disalurkan ke Indonesia.

"Total zakat fitrah yang masuk melalui PCIM tahun ini sebesar 3.105 RMB atau setara Rp. 6.986.250 dengan kurs Rp. 2.250 per 1 RMB, maka dibulatkan menjadi Rp. 7 juta," kata Sekretaris Jenderal PCIM setempat Arafat Febriandirza kepada Antara di Beijing, Minggu (17/6).

Untuk selanjutnya zakat yang dihimpun dari para warga negara Indonesia, terutama para pelajar, di Tiongkok itu disalurkan ke Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).

Sementara itu, Ketua PCIM Endy Sjaiful berharap bahwa organisasinya bisa menjadi jembatan yang akan menghubungkan sesama saudara muslim dengan saling membantu dalam kegiatan keagamaan.

Menurutnya, pengumpulan zakat dilakukan secara daring melalui akun Wechat dan Alipay milik Zuhri selaku amil zakat sekaligus Ketua Bidang Jurnalistik PCIM Tiongkok. Ketua PPIT Fadlan Muzakki menyambut baik bentuk kolaborasi yang diinsiasi oleh PCIM dalam program penyaluran zakat fitrah.

"Inovasi penyaluran zakat fitrah secara online perlu didukung untuk memudahkan umat Islam, khususnya muslim dari Indonesia yang ada di Tiongkok untuk menyalurkan zakatnya," ujarnya.

(Kaka)

Ilustrasi. Sumber Foto: https://bit.ly/2LZOJMH

Berita Terkait