Peran Humas Sebagai Corporate Diplomat

Bandung, Beritainspiratif.com – Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Bandung Jawa Barat menggelar Leader’s Forum di de Braga by Artotel jl Braga kota Bandung, Jum’at (26/10/2018).

Leader’s Forum pertama ini mengangkat tema “Strategy of Public Diplomacy Enhancing Global Reputation”.

“Kami menghadirkan para pemimpin untuk berbagi trend atau praktik terbaru di industri,” kata Ketua Perhumas BPC Bandung N. Nurlaela Arief kepada Beritainspiratif.com.

Menurut Nurlaela yang akrab dipanggil Lala, saat ini di Indonesia banyak tema yang berkaitan dengan hubungan diplomasi dan Nation Branding seperti Asian Games dan World Bank IMF.

Humas yang terhimpun dalam organisasi Perhumas, harus turut serta membantu pemerintah mensosialisasikan program-program yang baik tersebut. “Hal ini sejalan dengan tag line Perhumas, Indonesia Bicara Baik,” ujar Lala.

Terkait dengan Corporate Diplomasi, ia menuturkan ada beberapa prinsip dasar yang harus dimiliki oleh corporate untuk melakukan negosiasi atau pengembangan pasar ke negara lain. Sakah satunya peran humas.

Humas sebagai perwakilan dari perusahaan, dapat membawa perusahaan ke negara luar dengan prinsip diplomasi. “Karena itu, peran humas bisa dikatakan sebagai corporate diplomat,” ucap Lala.      (Ida).

Bagikan: