PERADI Cirebon Tegaskan Netral Dalam Pilkada



Cirebon, Beritainspiratif.com - Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Wilayah III Cirebon menegaskan PERADI bersikap netral dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), sekalipun anggotanya ada yang menjadi penasehat hukum pada dua paslon di Kota Cirebon.

Hal ini ditegaskan Ketua DPC PERADI Wilayah III Cirebon, Joko Witantri dalam jumpa pers di Kota Cirebon, Jumat (29/6).

Karena itu ia meminta anggota PERADI Wilayah III Cirebon agar tidak memprovokasi massa dari pasangan calon (paslon) dalam upaya melakukan invervensi terhadap KPU Kota Cirebon.

" Kami tegaskan bahwa PERADI netral dalam Pilkada Kota Cirebon meskipun ada anggota PERADI penasehat hukum pada dua paslon di Kota Cirebon," kata Joko, Jumat.

Lanjutnya, PERADI selalu mengingatkan anggotanya tetap patuh pada kode etik advokat. Ia menyarankan agar anggota PERADI tidak mengambil langkah di luar ranah hukum.

“Berikan saran hukum terhadap paslon bila ada pelanggaran, bukan di luar ranah hukum,” katanya.

Joko menjelaskan maksudnya anggota agar memberikan saran hukum saat ada temuan pelanggaran pilkada, bisa ke panwaslu atau Mahkamah Konstitusi (MK), bukan malah provokasi massa untuk intervensi KPU Kota Cirebon.

Sebab, tambah Joko provokasi massa akan menimbulkan kerugian baik pada massa maupun advokat. Advokat yang ketahuan memprovokasi massa paslon akan disanksi. “Laporkan kepada kami bila advokat provokasi massa,” katanya.

Joko mengajak masyarakat ikut mengawal KPU Kota Cirebon menyelesaikan tugasnya.

“Kami berharap KPU tidak mudah terpengaruh oleh tekanan-tekanan dari kelompok mana pun. Negara ini negara hukum, karena itu hukum harus menjadi pegangan utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

PERADI pun, lanjut Joko menghimbau kepada semua masyarakat kembali bergandengan tangan, menyingkirkan perbedaan dan bersama-sama untuk songsong masa depan Kota Cirebon yang lebih cerah.

Joko mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berhasil mewujudkan Pilkada Kota Cirebon hingga berjalan dengan lancar, aman dan demokrasi.

" Kami (PERADI) mengapresiasi kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan dan mendukung pelaksanaan Pilkada di Kota Cirebon sehingga dapat berjalan aman, lancar dan kondusif," pungkasnya.

YoC

Berita Terkait