Penuhi Target, Bio Farma Siap Ekspor Sejumlah Vaksin

Bandung, Beritainspiratif.com – PT Bio Farma terus memenuhi target ekspor vaksin, terhitung per September hingga Desember 2018 sejumlah vaksin siap diekspor ke beberapa negara. Hal itu diungkapkan Direktur Utama Bio Farma M. Rahman Roestan. Rabu (12/9).

“Vaksin yang akan diekspor terdiri dari Vaksin Polio, Campak, TT, DTP, Td, yang akan diekspor ke Pakistan, Sudan, Maroko, dan negara berkembang lainnya,” ungkap M. Rahman saat mengecek kesiapan ekspor vaksin di ruang distribusi kantor Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung

M. Rahman menjelaskan pasar ekspor Bio Farma terbagi dua segmen. Pertama, pengadaan melalui lembaga international yakni UNICEF dan PAHO (Pan America Health Organization). Kedua, melalui bilateral atau pembelian langsung dari beberapa produsen vaskin di luar negeri seperti India, Mesir, serta beberapa agen atau distributor di Afrika Selatan, Thailand, Turki, Mexico dan negara lainnya”

M.Rahman menambahkan berbagai koordinasi juga terus dilakukan untuk pembaharuan kebutuhan vaksin

“Awal Oktober 2018, Bio Farma diundang oleh UNICEF dalam pertemuan tahunan industri vaksin, di Copenhagen, Denmark, disana kami berkordinasi terkait pemutakhiran informasi kebutuhan dan forecasting penyediaan vaksin dalam 5 tahun mendatang, produk apa saja yang dibutuhkan di dunia saat ini dan 10 tahun kedepan,” ungkapnya.  (Yanis)

Bagikan: