Pensiun Dini atau Pindah Kerja ? Inilah Pertimbangannya !



Beritainspiratif.com - Banyak hal yang menjadi penyebab orang memetuskan untuk pensiun dini atau pindah kerja, antara lain  jenuhnya menghadapi rute pergi dan pulang kantor yang terlalu jauh, belum lagi bila terjebak macet, berdesakan di gerbong kereta, pergi pagi pulang malam, dikejar hutang, dikejar dengan deadline dan dimarahi oleh pimpinan serta tidak cocok terhadap pekerjaan tersebut.

Jika anda ingin memutuskan pensiun dini atau pindah kerja perlu pertimbangan yang matang karena nantinya akan berpengaruh terhadap penghasilan, termasuk pasangan suami istri yang sama sama bekerja.

PENSIUN DINI

Sebelum anda memutuskan untuk pensiun dini, pertimbangkan dahulu 4 hal ini seperti yang dilansir oleh Motley Fool:

  • Perlu tabungan untuk menopang hidup lebih lama
    Mengambil keputusan pensiun dini, sebab pensiun dini akan menggerus tabungan atau uang pensiun anda. Dan anda tidak dapat lagi berbelanja seperti ketika masih bekerja.

Jika tabungan pensiun anda besar, mungkin bisa mempertahankan saldo pokoknya dan mendapatkan pendapatan bunga yang cukup untuk hidup.

Sementara para ahli menyebutkan anda hanya bisa menarik 4 persen tabungan dengan aman setiap tahun, dan memaksa anda untuk berhemat.

  • Pensiun dini mengurangi tabungan jaminan sosial

Kebanyakan orang yang pensiun mengklaim jaminan sosial untuk menambah tabungan. Tetapi, semakin cepat anda pensiun maka uang jaminan sosial yang diterima akan semakin kecil, terlebih jika dibandingkan dengan mereka yang pensiun pada waktunya.

  • Pengeluaran untuk biaya kesehatan

Sebagian besar perusahaan memberikan jaminan perawatan kesehatan hingga karyawan pensiun. Jadi, jika pensiun lebih cepat anda akan kehilangan jaminan kesehatan dari perusahaan.

Oleh karena itu, Anda perlu menyisihkan uang sendiri untuk asuransi kesehatan atau biaya perawatan ketika membutuhkan.

Dan bila tidak punya pemasukan baru, maka itu akan menguras uang pensiun juga. Sementara pada umumnya, kesehatan seseorang semakin menurun dan biaya perawatan meningkat seiring bertambahnya usia kita.

  • Anda bisa bosan di rumah

Bagi banyak orang, pekerjaan memberikan interaksi sosial dan tantangan mental. Jika meninggalkan pekerjaan lebih awal, Anda akan bosan karena tidak banyak beraktivitas seperti ketika masih bekerja kecuali jika memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana ingin menghabiskan waktu pensiun.

Tanpa rencana yang jelas dan kadang rencana juga tak seperti yang diharapkan dalam implementasi, bisa membuat bosan serta tertekan.

Pikirkan baik-baik tentang apakah pensiun dini cocok untuk Anda. Anda tentu tidak ingin berakhir berjuang secara finansial dan menghabiskan masa pensiun tanpa melakukan apa pun.

PINDAH KERJA

Sebuah pekerjaan haruslah bisa memberi  kontribusi yang lebih besar terhadap masa depan dan karir yang menjanjikan. Jika hal tersebut tidak jelas, patut dipertimbangkan untuk memutuskan pindah kerja.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menerima pekerjaan baru agar Anda tidak salah dalam mengembangkan karier seperti dilansir Gulf News ;

1. Apakah pekerjaan itu menciptakan kemajuan

Jika Anda ingin maju, pastikan bahwa setiap langkah atau pekerjaan baru membawa Anda ke masa depan yang lebih baik. Tidak selamanya jabatan yang lebih senior menawarkan sesuatu yang lebih maju.

Dalam banyak kasus, pekerjaan yang membutuhkan keterampilan lebih, atau membuka pintu untuk belajar dan meraih kesempatan yang lebih baik merupakan pekerjaan yang menciptakan kemajuan.

Itulah mengapa, saat wawancara, Anda harus tahu persis tentang pekerjaan yang dilamar. 

2. Tipe-tipe perusahaan

Jika Anda membangun karier dalam niche tertentu, teruslah bekerja dalam perusahaan yang memiliki niche ini. Sebagai contoh, beberapa orang membangun karier mereka dalam lembaga pemerintah.

Lain hal nya bekerja pada perusahaan multinasional, sementara yang lain di start-up. Jadi, jika Anda pindah perusahaan, usahakan untuk ke perusahaan yang satu tipe atau jenis.

Namun semua ini tidak hanya tentang nama atau jenis perusahaan. Tetapi tentang konsistensi sumber daya dan pelatihan yang ditawarkan.

Jika Anda ingin mempertahankan dan menumbuhkan pengetahuan Anda di area tertentu, dan memiliki sumber daya dan dukungan yang tepat, pastikan ketika Anda beralih perusahaan Anda mendapatkan profil, skala dan sumber daya perusahaan yang sepadan.

3. Kesempatan untuk maju

Anda tentu tidak mau pindah pekerjaan yang justru menghambat karier Anda. Meskipun pindah-pindah pekerjaan adalah keputusan Anda, selalu perhatikan struktur dan hirarki pekerjaan baru anda, termasuk risikonya.

Jika terlalu banyak turnover di sekitar posisi tersebut dan posisi yang lebih tinggi seringkali statis, maka itu adalah tanda bahwa Anda tidak memiliki kesempatan untuk membangun karier jika mengambil pekerjaan itu.

Jadi, jika kesempatan tersebut menawarkan banyak peluang untuk tumbuh secara profesional, mungkin bisa dianggap sepadan. Namun jika posisi itu mirip dengan saat ini atau sedikit lebih maju, mungkin lebih baik untuk tidak mengejarnya lebih jauh.

4. Melakukan banyak kompromi

Jika fokus Anda adalah untuk membangun karir, bukan hanya mendapatkan pekerjaan yang bagus, anda harus membuat beberapa keputusan penting yang mungkin melibatkan beberapa kompromi. Sebagai contoh, anda dapat menolak untuk pindah ke daerah di mana konsentrasi perusahaan di daerah itu rendah.

Demikian pula, Anda bisa menolak tawaran pekerjaan menarik untuk bertahan dengan pekerjaan anda saat ini meskipun anda tidak akan melihat hasilnya sampai beberapa tahun ke depan.

Kompromi-kompromi bisa membantu Anda tetap di jalur yang tepat dan dapat menghindarkan diri Anda dari gangguan yang membuang-buang waktu yang berharga.

Ketika anda fokus pada membangun karier, akan ada panggung ketika peluang besar ditambah dengan remunerasi yang layak akan datang. Semuanya itu membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Pertimbangkanlah hal tersebut di atas, pensiun dini atau pindah kerja !

Yanis

Berita Terkait