Pengamanan Capres Jokowi, Akan Berkoordinasi dengan Paspampres



Jakarta, Beritainspiratif.com - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan sejak penetapan Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga sebagai capres-cawapres, Kamis (20/9/2018), maka kedua pasangan tersebut akan mendapatkan pengawalan ketat dari pihak Polri, masing-masing dikawal oleh 37 personel Polri.

"Pengamanan satu tim yang berjumlah 37 orang tersebut dibagi menjadi tiga tim. Setiap tim bekerja 12 jam. Terdiri dari tim pengaman terbuka, dan tim tertutup, serta kesehatan,” ujar Dedi, yang dikutip dari laman humas Polri, Kamis (20/9/2018).

Nantinya pengawalan tersebut akan dilakukan disetiap kegiatan capres dan cawapres berlaku hingga pelantikan yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun depan.

“Pengamanan melekat di dalam setiap kegiatan-kegiatan beliau. Ada pengawalan pribadi, ada pengawalan roda empat, pengawal roda dua, baik pengawalan terbuka, pengawalan tertutup lengkap,” katanya.

Namun khusus Jokowi sebagai petahana, Polri akan berkolaborasi dengan Paspampres untuk menjaga keamanannya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, seluruh proses pengamanan akan disesuaikan dan melihat kebutuhan situasi kondisi di lapangan.

“Semua tergantung kepada kebutuhan, kalau misalnya pengamanannya dalam jumlah massa besar saat kampanye, personil Polri ditambahkan untuk mengamankan dan menjamin keselamatan capres-cawapres,” tuturnya.   (Yanis)

Berita Terkait