Penerimaan CPNS 2019, Pemprov Jabar Buka 1.934 Formasi

Bandung,Beritainspiratif.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat mengalokasikan 1.934 formasi dalam rekrutmen Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SCPNS) 2019.

Formasi sebanyak itu termasuk 48 formasi untuk penyandang disabilitas (tuna rungu, tuna netra dan tuna daksa).

Menurut Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) provinsi Jawa Barat Tulus Arifin, sesuai dengan KepMenpan 324/ 2019 alokasi CPNS Pemprov Jabar 1.934 formasi untuk 37 unit kerja dari 44 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Jenis formasi yang dibutuhkan paling banyak tenaga teknis 1.002 formasi, tenaga pendidik 839 formasi dan tenaga kesehatan 93 formasi.

“Formasi tahun ini jumlahnya dua kali lipat dibanding tahun 2018, dengan formasi paling besar tenaga teknis 1.002 formasi, sedang tahun 2018 lalu hanya 69 formasi,” kata Tulus pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di gedung Sate kota Bandung, Jum’at (15/11/2019).

Tulus menerangkan pendaftaran CPNS Pemdaprov Jawa Barat, dimulai tanggal 13 hingga 26 November 2019. Saat ini sudah lebih dari 500 pendaftar yang mengirimkan berkas lamarannya secara online. Diperkirakan, jumlah pelamar tahun ini akan membludak hingga 50 ribu orang.

“Dari sekarang kami sudah mulai melakukan proses verifikasi dan validasi berkas lamaran. Hasilnya diumumkan 16 Desember 2019 mendatang,” papar dia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada proses seleksi penerimaan CPNS tahun 2019 ini ada masa sanggah.

“Proses seleksi dilakukan secara terbuka dan transparan. Bagi peserta yang merasa kurang puas dengan hasil seleksi, ada masa sanggah selama 3 hari,” ujar Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Nadional (BKN) kantor regional 3 Bandung Budi Haryono.

Peserta yang lulus seleksi administrasi lanjut Budi, akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Februari 2020.

“Kami dari BKN akan lakukan fasilitasi terkait SKD ini, dengan mendatangi titik lokasi seleksi yang ditentukan oleh masing-masing instansi daerah,” imbuhnya.

Berikut tata cara pendaftaran CPNS 2019.

–Sebelum mendaftar, calon pendaftar lebih baik menyiapkan dokumen pendaftaran, yakni Kartu Keluarga, KTP atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ijazah, transkrip nilai, pas foto, dan dokumen lain sesuai instansi yang akan dilamar.
-Pendaftar mengakses via sscasn.bkn.go.id.

  • Dalam situs tersebut, calon pendaftar membuat akun SSCN 2019 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.
  • Sesudah akun berhasil dibuat, calon pendaftar tinggal log in menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan.
  • Kemudian calon pendaftar mengisi kolom biodata, memilih formasi dan jabatan serta mengunggah KTP dan dokumen persyaratan.
  • Jika sudah tuntas, calon pendaftar harus mengecek resume pendaftaran, sebelum mencetak kartu pendaftaran SSCN 2019.
  • Cari dan lamar jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki, tetap yakin dengan kemampuan sendiri. Jangan mudah terbuai dengan janji manis oknum penipu. Jika ada pertanyaan langsung tanyakan kepada pihak panitia seleksi di Jawa Barat.
  • Panitia seleksi Jabar bisa dihubungi melalui bkd.jabarprov.go.id, instagram @bkd.jabar, atau via whatsapp 082121671500. (Ida)
Bagikan: