Penerimaan Calon Mahasiswa Baru 2019, UPI Sediakan 8.720 Kursi

Bandung, Beritainspiratif.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), membuka 3 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) untuk tahun akademik 2019/ 2020.

Ke 3 jalur tersebut, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM UPI).

Direktur Direktorat Akademik UPI Dadang Ansori mengatakan, mahasiswa yang akan diterima melalui ke 3 jalur itu sebanyak 8.720 orang.

“Untuk tahun akademik 2019/ 2020, UPI akan menerima 8.720 mahasiswa baru, 30% dari SNMPTN, 45% dari SBMPTN dan 25% melalui SM UPI,” kata Dadang di kampus UPI jl. setiabudhi 229 kota Bandung, Kamis (10/1/2019).

Menurut Dadang, UPI juga menyediakan minimal 20% kursi bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berasal dari daerah tertinggal.

“Dari total mahasiswa yang akan diterima, 20% kita akan terima melalui program bidik misi, sesuai quota dari pemerintah. Kami juga memberi ruang bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi istimewa,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UPI M. Solehudin menuturkan, mulai tahun ini seleksi masuk perguruan tinggi negeri dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), lembaga independen yang dibentuk oleh Kementerian Ristekdikti.

“Kalau tahun lalu, test dilakukan bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri, maka mulai tahun ini oleh LTMPT,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Solehudin, sistem penyelenggaraan test nya juga berbeda. Bila sebelumnya sebagian besar berbasis cetak, kini sepenuhnya berbasis komputer.

“Dengan sistem sekarang ini, lebih terpadu, independen dan hasilnya akan lebih valid,” papar Solehudin.

Ia menambahkan, dalam penyelenggaraan test calon mahasiswa baru, LTMPT melibatkan Perguruan Tinggi, termasuk UPI. Namun karena komputer yang dimiliki UPI terbatas, maka UPI menggandeng 5 sekolah di kota Bandung.

“UPI ditugasi menyediakan sekitar 1.500 komputer, namun tidak terpenuhi. Karena itu, kami menggandeng 5 sekolah di kota Bandung,” pungkasnya.

Berdasarkan rilis humas UPI, pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui laman http://snmptn.ac.id/ mulai 4 – 14 Februari 2019, pengumuman hasil seleksi 23 Maret 2019.

Sedangkan pendaftaran untuk SBMPTN, dimulai tanggal 10 – 24 Juni 2019. Pengumumannya pada 9 Juli 2019. Sementara Seleksi Mandiri UPI, dijadwalkan Juli 2019.

(Ida)

Bagikan: