Penerbangan Pesawat UAV LAPAN Tanpa Awak Catat Rekor MURI

Garut, Beritainspiratif.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) adalah lembaga pemerintah non Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang membidangi urusan pemerintahan di bidang riset dan teknologi.

Di tahun 2019 para insinyur Pustekbang LAPAN melakukan sebuah riset Penerbangan Pesawat Tanpa Awak (UAV) generasi terbaru bernama Lapan Surveillance UAV (LSU) 02 yang dapat menempuh jarak sepanjang 405 kilometer dari Pameungpeuk menuju Pelabuhan Ratu pulang pergi.

Sebelumnya, Tim Pustekbang LAPAN pernah melakukan kegiatan sejenis dengan menempuh jarak 340 kilometer dari Pameungpeuk menuju Pantai Barat Jawa.

LAPAN berharap Pesawat Tanpa Awak (UAV) ini nantinya dapat berguna untuk kebutuhan sipil, seperti pemetaan, pemantauan titik panas atau hot spot, pemantauan penebangan liar dan juga pemantauan bencana alam.

Dilansir dari laman MURI, Penerbangan tanpa awak dengan jarak terjauh tersebut dicatat dalam rekor MURI Nomor 9067 atas nama rekoris Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang dilaksanakan di Garut, 17 Juli 2019. (Yanis)

Bagikan: