Penerbangan Internasional Pertama dari Bandara Kertajati



Bandung, Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melakukan pelepasan yang ditandai penyematan syal umrah sekaligus dilakukan pemberian visa kepada dua orang perwakilan jamaah umrah.

Jamaah diterbangkan menggunakan pesawat jenis Boeing 737 max B milik maskapai Lion Air, dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Majalengka. Dengan pelepasan penerbangan ini, maka BIJB resmi melayani penerbangan jamaah ibadah umrah yang pertama melakukan penerbangan menuju Madinah, Arab Saudi, Sabtu (13/10/2018).

"Minat masyarakat Jawa Barat yang memerlukan penerbangan untuk ibadah umrah tergolong tinggi hingga 1.500 penerbangan yang langsung ke Madinah setiap tahunnya. Kalau di seluruh Jawa Barat itu sekitar 300.000 jamaah, kata Emil, dari siaran pers yang diterima, Sabtu, (13/10/2018).

Selanjutnya Emil mengharapkan, agar proses perpanjangan runway sejauh 500 meter dapat cepat rampung, sehingga pesawat besar jenis Airbus dapat beroperasi.

Meskipun BIJB masih fokus pada penambahan rute domestik, diharapkan penerbangan internasional pertama di BIJB ini jadi starting point penerbangan internasional lainnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pemesanan 808 unit pesawat terbesar di dunia dan 250 unit jenis Airbus seri terbaru.

Pesawat baru tersebut direncanakan akan membuka rute ke Thailand dan Malaysia, yakni Thai Lion Air dan Malindo Air.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Operasi Angkasa Pura II Joko Muratmodjo menyampaikan bahwa saat ini baru maskapai Citylink yang aktif beroperasi penerbangan domestik. Direncanakan akhir Oktober 2018 mendatang, ada beberapa tambahan rute penerbangan dari maskapai rekanan di high season ini.    (Yanis)

Berita Terkait