Peneliti ITB Kembangkan Robot Kecoa

Bandung, Beritainspiratif.com – Muhammad Hablul Barri peneliti dan mahasiswa S2 Instrumentasi Kontrol ITB dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan robot berbentuk kecoa, seperti yang ada di film-film dan nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti operasi intelijen, yang diungkap dari siaran pers Humas ITB, Kamis (20/9).

Muhammad Hablul Barri, menjelaskan, pengembangan robot ini mengingat belum adanya teknologi robot berbentuk serangga yang dipasarkan, sedangkan kebutuhan atas teknologi pemantauan senyap sudah sangat nyata dibutuhkan dan teknologi luar negeri tentu tidak dapat digunakan sebab menyangkut kerahasiaan informasi dan untuk menjaga integritas lembaga dan kekuatan intelijen suatu negara.

“Dengan mengembangkan teknologi robot serangga yang membawa sistem pemantauan, maka peralatan intelijen nasional dapat mandiri dan mempunyai dampak yang besar pada intelijen,” ujar Barri

Sementara itu ketua tim penelitian robot kecoa, Augie Widyotriatmo, menyampaikan bahwa pengembangan robot ini dibantu oleh mahasiswa S1 dan S2 ITB, sedangkan penelitiannya dilakukan di Laboratorium Instrumentasi dan Metrologi Fakultas Teknologi Industri.

Disampaikan pula bahwa secara fungsi, robot ini sudah diujicoba dan tahap pengembangan selanjutnya nantinya bisa ditempatkan ke dalam cover atau cangkang berbentuk kecoa.

“Jadi kita belum bisa cover dengan body yang ini, jadi paling mungkin bulan depan kita coba rencanakan casingnya atau cover-nya itu bagaimana. Pokoknya targetnya akhir tahun kita selesai. Jadi masih dalam pengembangan,” ujarnya.  (Yanis)

Bagikan: