Pendidikan Keluarga Melalui Puspaga



Bandung, Beritainspiratif.com - Walikota Bandung, Oded M. Danial melantik para pengurus Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) periode 2018-2023 di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Senin (14/1/2019). Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak-anak.

Puspaga merupakan wadah pembinaan keluarga yang diketuai langsung oleh Istri Walikota Bandung, Siti Muntamah Oded M Danial, dan didampingi Iip Saripudin (Ketua harian), Yuria Pratiwhi Cleopatra (Sekretaris) dan Zulfitri Yulianti (Bendahara).

"Dari keluarga, seorang anak mulai menerima ajaran etika dan moral yang cenderung selalu diingat dibandingkan dengan pendidikan formal. Sehingga orang tua harus memberi bimbingan yang baik sebagai pondasi dasar untuk anak menjalani kehidupan selanjutnya," ucap Oded.

Oded sapaan akrabnya mengatakan, mewujudkan cita-cita itu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang bisa membuat keluarga rentan dalam menghadapi bahtera rumah tangganya.

"Cita-cita itu tidak sederhana, tidak semua keluarga mampu mengasuh anak sesuai tuntunan agama dan etika. Ketidak pahaman keluarga utk mengasuh itu tidak jarang membuat pengasuhan anak disertai kekerasan, baik secara fisik, mental atau seksual. Tidak sedikit kekerasan justru dilakukan keluarga terdekat," katanya.

Oleh karena itu, dengan hadirnya Puspaga menjadi media untuk lebih menguatkan peran keluarga dalam membangun peradaban Kota Bandung yang lebih kokoh secara fisik maupun mental. Sebab generasi yang unggul datang dari keluarga yang kuat.

(Mugni)

Berita Terkait