Penataan Ulang PKL Seputar GOR Arcamamik Bandung



Bandun, Beritainspiratif.com-Sabtu pagi 24 Maret 2018 terlihat kerumunan orang dalam antrian cukup panjang, terjadi di halaman kantor Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung.

Ketika kami bertanya kepada salah seorang yang hadir, dijelaskan bahwa ini adalah kegiatan pembagian nomor lapak bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL)  di sekitar GOR Arcamanik sport Jabar.

Lalu kamipun berhasil menemui Ketua Forum PKL Sport Jabar Ade Sudarya, diperoleh keterangan bahwa kegiatan ini adalah pemberian arahan kepada PKL yang semula berdagang disepanjang jalan zona merah, sebagai kawasan larangan untuk berjualan,  sehingg dapat dipindahkan ke kawasan sport Jabar, agar mereka bisa tetap berjualan yang selama ini biasanya hanya dapat berjualan di Car arena Free Day Arcamanik.

Ade  menjelaskan kegiatan ini adalah dalam rangka penataan kembali dan mengikuti aturan yang berlaku dengan izin Dinas Pemuda dan Olahrga (Dispora) Kota Bandung.

"Semula penempatan lapak PKL kami bebaskan namun timbul konflik antara mereka, kami coba juga untuk menetapkan lokasi lapak mereka tidak mau, akhirnya kami tempuh langkah dengan pendataan ulang dan penempatan lapaknya kami undi," tandas Ade.

Lebih lanjut Ade menjelaskan jumlah lapak yang dialokasikan di sport Jabar tersebut hanya berkisar 250-300 lapak, jika kami buka bisa mencapai 500 lebih PKL.

 

Nantinya setiap PKL akan dimintakan partisipasi sebesar 25 ribu pada setiap hari minggu, untuk keamanan dan kebersihan yang menjadi tanggung jawab Forum PKL, tentunya kami akan prioritaskan untuk PKL warga Sukamiskin Arcamanik atau mereka yang sudah berdagang lama di kawasan ini.

Ade Sudarya ber harap dapat  mengakomodir semua PKL agar dapat berjualan.

 

Aktifitas PKL ini timpal Ade menjadi pendorong pendapatan dan ekonomi masyarakat dengan berbagai latar belakang. (Yanis)

Berita Terkait