Pemprov Jabar Kenalkan 'Japri' Program Dialog Bahas Isu Terkini



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Taman Barat Gedung Sate, Kamis (27/9/2018). Japri merupakan acara berkonsep dialog bersama rekan media membahas isu-isu hangat.

Kali ini Japri membahas ruas jalan provinsi serta kondisi kemantapan dan antisipasi jalur rawan kecelakaan pada ruas jalan provinsi, rencana pembangunan infrastruktur jalan, jalan tol, pelabuhan serta bandara dan reaktivasi kereta api di Jabar

Gubernur Jawa Barat yang menjadi salah satu narasumber menyampaikan fokus utama yaitu mengurai kemacetan di wilayah-wilayah Jabar adalah kurangnya moda transportasi umum.

Oleh karena itu, Pemprov Jabar konsisten terhadap perbaikan fasilitas transportasi umum terutama kereta api.

Meski begitu, dirinya berpesan agar bisa ada keseimbangan antara transportasi dan mobility

"Kita harus bedakan antara transportasi dan mobility transportasi adalah perpindah orang dengan alat sedangkan mobility adalah perpindahan orang tanpa harus pakai alat, jalan kaki misalnya," ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Kang Emil menambahkan, di Jawa Barat fokusnya bukan hanya transportasi, dimana orang cenderung menggunakan kendaraan pribadi untuk bepindah.

Sedangkan dengan mobility, setidaknya orang bisa berpindah secara efisien tanpa berefek pada kemacetan.

"Dengan kereta maka akan lebih efisien, orang akan berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus menggunakan banyak kendaraan, itulah mobility, Pemprov Jabar fokus disitu," tegasnya.

Hadir dalam acara ini dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Jabar, Dedi Taufik, para wartawan, serta sejumlah akademisi. (Yanis)

Berita Terkait