Pemprov Jabar Gelar Pameran Kain Nusantara Bertajuk “Ragam Adiwastra Nusantara”

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar pameran bersama Kain Nusantara 2018, yang bertajuk Ragam Adiwastra Nusantara, Keragaman Adiwastra Nusantara Pemersatu Bangsa. Pameran tersebut digelar di Museum negeri, Provinsi Jawa Barat Sri Baduga Jalan BKR kota Bandung Kamis (11/10/2018).

Pameran bersama ini diisi dengan berbagai koleksi kain khas dari seluruh provinsi di Indonesia mulai dari museum Aceh hingga museum negeri Provinsi Papua, hampir seluruh koleksi museum provinsi memamerkan koleksi kainnya pada pameran ini.

Pantauan Beritainspiratif.com, pameran ini diisi oleh berbagai koleksi dari berbagai museum, ada sekitar 37 pihak yang terlibat baik itu dari museum negeri provinsi atau dari yayasan serta kedinasan terkait.

Adapun sejumlah koleksi yang dipamerkan milik museum negeri provinsi Jawa Barat Sri Baduga antara lain kain panjang motif taman teratai, kain panjang motif kupu-kupu, kain batik panjang, kain batik tulis Cirebon dan babon angrem kain batik naga Seba kain batik sawat keratonan kain panjang motif buketan pagi sore, kain panjang motif wadasan kain panjang Sidomukti dan sarung poleng motif bintang serta tenun gadod.

Pameran yang berlangsung hingga tanggal 23 Oktober tersebut terbuka untuk umum tinggal datang langsung ke lokasi pameran di museum Sri Baduga dari pukul 08.00 sampai pukul 15.30 WIB.       (Tito)

Bagikan: