Pemprov Jabar Gelar Deklarasi Pencegahan Stunting di Lapangan Gasibu



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggelar deklarasi Pencegahan Stunting Menuju Jabar Zero Stunting 2023 di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Minggu (18/11/2018). Permasalahan stunting atau gagal tumbuh perlu menjadi perhatian semua pihak.

Deklarasi tersebut dipimpin langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Ketua Tim penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa stunting sangat berbahaya, karenanya perlu penanganan sejak dini dan pencegahan lebih awal terutama pada anak-anak.

"Kita harus mulai mencegah yang namanya gizi buruk, yang namanya gagal tumbuh atau stunting, penderita stunting mengalami kesulitan berfikir karena buruknya asupan gizi dan sanitasi yang buruk juga," jelasnya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, saat ini angka batas tinggi badan dalam seleksi tentara diturunkan, karena sulitnya mencari warga Indonesia yang tinggi tubuhnya sesuai standar militer.

"Rata rata stunting itu tejadi pada anak usia di bawah lima tahun, bagi masyarakat yang punya anak balita di situlah usia penting mencegah stunting karena setelah masuk usia TK dan SD mau di obati itu susah," lanjut Emil.

Pentingnya makanan bergizi menjadi kunci pencegahan stunting, pihaknya mengimbau agar mulai berinvestasi untuk asupan gizi yang baik bagi anak-anak.

"Mudah-mudahan dengan begini yang namanya stunting bisa kita hilangkan stunting itu kelihatan di usia 2 tahun, jadi kalau dari kandungannya sudah nggak makan bergizi, lalu pas lahir juga kurang makan bergizi, itu bahaya karena stunting tidak kelihatan sampe usia dua tahun," ungkapnya.

Mengenai edukasi pentingnya pencegahan stunting Ridwan Kamil meminta agar edukasi terus dilakukan di berbagai platform media baik itu televisi melalui iklan layanan masyarakat atau dengan kegiatan-kegiatan.

"Mudah-mudah dengan kehadiran bapak ibu semua kita bisa memulai program pencegahan stunting ini berjalan lancar, mari semua bersemangat menjadikan Jabar juara lahir batin, juara zero stunting," pungkasnya.     (Tito)

Berita Terkait