Pemprov Jabar Bangun Dua Fly Over di Kota Bandung

Bandung,Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Selasa (3/9/2019) di jalan Jakarta memimpin prosesi groundbreaking di dimulainya pembangunan dua fly over atau jalan layang di kota Bandung.

Tahun ini, pemprov Jabar akan membangunan dua fly over di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi – Gatot Subroto Kota Bandung.

Gubernur mengatakan kota Bandung saat ini sudah sangat padat, sehingga konektivitas-konekrivitas baik yang baru maupun perbaikan perlu diperbanyak.

Apalagi nanti bila KA Cepat sudah beroperasi, menambah nilai positif ekonomi tapi akan jadi tantangan bagi kota Bandung.

“Untuk memperlancar arus lalulintas di persimpangan, tahun ini dan tahun depan akan dibangun fly over di dua titik di kota Bandung,” ujar Emil sapaan Ridwan Kamil.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat Koswara, fly over di Jalan Laswi akan menghubungkan jalan Jalan Pelajar Pejuang 45 melintasi Jalan Gatot Subroto (Gatsu).
Sedangkan fly over Jalan Jakarta menghubungkan Jalan Jakarta dan Jalan Supratman, melintasi Jalan Ahmad Yani.

Koswara menuturkan pembangunan dua ruas fly over tersebut, sebagai solusi mengatasi kepadatan lalulintas di kedua titik tersebut.

“Kemacetan dinilai kerap terjadi di persimpangan jalan-jalan itu. Kedua simpang ini merupakan titik yang sering mengalami kemacetan di Kota Bandung dan salah satu titik akses menuju pusat kota,” ungkapnya.

Koswara menambahkan pertumbuhan kawasan pemukiman di timur Bandung juga turut meningkatkan pergerakan kendaraan di simpang Jalan Ahmad Yani, Jalan Jakarta serta Jalan Gatsu dan Jalan Laswi.

Kedua fly over ini akan dikerjakan dalam dua tahap. Tahap pertama ditargetkan selesai ahir Desember 2019, fokus pada pembangunan bawah dan fondasi, baru februari 2020 pembangunan dilanjutkan pada atasnya.

Pembangunan kedua fly over masing-masing akan menelan biaya sekitar Rp78 milyar yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar.

“Fly Over Laswi panjang 500 m dengan biaya Rp35,9 milyar, sedangkan Fly Over Jalan Jakarta 520 m biayanya Rp42 milyar,” ujarnya. (Ida)

Bagikan: